TribunJateng/

Kulit Gatal dan Bentol-bentol Tiap Malam, Bolehkah Minum Obat Alergi?

Berikut ini pertanyaan pembaca kepada dokter terkait kesehatan yang dimuat di koran Tribun Jateng edisi Minggu 10 September 2017.

Kulit Gatal dan Bentol-bentol Tiap Malam, Bolehkah Minum Obat Alergi?
Shutterstock/kompas.com
gatal-gatal kemerahan Sebagian kasus urtikaria dapat sembuh sendiri dan dalam jangka waktu yang pendek, biasanya terjadi kurang dari 6 minggu untuk urtikaria akut dan lebih dari 6 minggu untuk urtikaria kronik. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Berikut ini pertanyaan pembaca kepada dokter terkait kesehatan yang dimuat di koran Tribun Jateng edisi Minggu 10 September 2017.

Dokter yang baik, saya ingin bertanya. Waktu tidur malam hari kulit saya sering bentol-bentol dan gatal dok. Tetapi jika sebelum tidur saya meminum obat alergi (G Ratamin), saya merasa tidak timbul bentol-bentol dan gatal. Sekiranya saya mohon dijelaskan apakah saya tetap harus melakukan hal tersebut seterusnya dok? Atau ada saran lain? Terima kasih.

Jawaban:

Terima kasih atas pertanyaanya, Urtikaria merupakan reaksi pembuluh darah yang ditandai adanya bentol kemerahan pada kulit dan disertai rasa yang sangat gatal. Insiden urtikaria ini lebih sering mengenai orang dengan bakat alergi, dan biasanya mengenai anak dan dewasa muda.

Penyebab urtikaria tersering di antaranya alergi makanan/obat, gigitan serangga, dan paparan bahan kimia/fisik. Kadang hormonal, infeksi bakteri, dan infestasi cacing dapat juga berperan.

Sebagian kasus urtikaria dapat sembuh sendiri dan dalam jangka waktu yang pendek, biasanya terjadi kurang dari 6 minggu untuk urtikaria akut dan lebih dari 6 minggu untuk urtikaria kronik.

Sangat penting untuk menghindari faktor pencetus urtikaria yang telah diketahui, dan sebaiknya hindari garukan atau iritasi pada lokasi urtikaria.

Antihistamin diberikan terutama untuk mengurangi rasa gatal pada urtikaria. Antihistamin kadang diberikan dengan kombinasi steroid, seperti gratamin. Tetapi penggunaan antihistamin dengan kombinasi steroid ini tidak dianjurkan dalam jangka waktu lama, karena efek samping yang berbahaya.

Oleh karena itu, jika urtikaria tidak kunjung sembuh, segeralah memeriksakan ke dokter terdekat. Semoga sehat selalu. Untuk info lebih lanjut silahkan menghubungi call center 24 jam SMC RS Telogorejo di nomor telepon (024) 86466000.

dr Firsza Yulina SpKK
SMC RS TELOGOREJO

Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help