TribunJateng/
Home »

Solo

Jika Pembentukan UPT Pengelolaan Keraton Surakarta Gagal Lagi, Wali Kota Solo Angkat Tangan

Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, berharap, PB XIII menyetujui pemindahan pengelolaan Keraton Surakarta ke UPT bentukan pemerintah.

Jika Pembentukan UPT Pengelolaan Keraton Surakarta Gagal Lagi, Wali Kota Solo Angkat Tangan
tribunjateng/dok
Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Akbar Hari Mukti

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, berharap, PB XIII menyetujui pemindahan pengelolaan Keraton Surakarta ke Unit Pelaksana Teknis (UPT) bentukan pemerintah.

Seperti diketahui, hingga deadline, Kamis (7/9/2017), UPT tentang pengelolaan Keraton Solo tak juga terbentuk. Saat itu, rapat pembentukan UPT yang digelar di Ruang Menganti Praja, Balai Kota Solo, buntu lantaran terjadi perbedaan pendapat di kubu keraton.

Rencananya, pembentukan UPT akan digelar lagi Rabu (13/9/2017) siang di kantor Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), Jakarta Pusat.

"Seharusnya, pertemuan kemarin (Kamis) itu sudah selesai (dibentuk UPT). Lha wong sudah batas akhir, kok molor lagi. Semoga, yang besok (Rabu) ndak molor," jelasnya, Selasa (12/9/2017).

(Baca: Pria Ini Mengaku Bawa Surat dari Sinuhun, Rapat Alih Pengelolaan Keraton Solo Langsung Tegang)

Pria yang akrab disapa Rudy ini menegaskan, pembentukan UPT pengelolaan Keraton Surakarta bukan untuk menguasai aset keraton. Namun, lebih kepada upaya membentuk wadah untuk mendapatkan anggaran dari pemerintah pusat.

"Anggaran itu dalam kaitannya untuk renovasi dan pengembangan Keraton Surakarta Hadiningrat sebagai destinasi wisata di kota ini," katanya.

Menurut Rudy, rapat pembentukan UPT Pengelolaan Keraton Surakarta di kantor Watimpres akan dihadiri Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo, dan Tim Kecil yang merupakan perwakilan Keraton Surakarta. Tim ini berisi di antaranya, GKR Alit, KGPHPA Tedjowulan, GPH Puger, GPH Dipo Kusumo, serta GPH Soeryo Wicaksono.

Jika dalam pertemuan tersebut UPT yang digadang-gadang itu tak juga terbentuk, Rudy akan mengembalikan kewenangan penyelesaian masalah keraton kepada Mendagri.

Halaman
12
Penulis: akbar hari mukti
Editor: rika irawati
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help