TribunJateng/

Antisipasi Pengguna Tol Tak Miliki Uang Elektronik, Jasa Marga Minta Bank Sediakan 7.500 Kartu

Jasa Marga Cabang Semarang membutuhkan sedikitnya 7.500 uang elektronik pada pelaksanaan nontunai tahap I di Gerbang Tol Muktiharjo dan Gayamsari.

Antisipasi Pengguna Tol Tak Miliki Uang Elektronik, Jasa Marga Minta Bank Sediakan 7.500 Kartu
TRIBUN JATENG/M SYOFRI KURNIAWAN
Pengendara menggunakan kartu pembayaran nontunai di Gerbang Tol Manyaran, Kota Semarang, Rabu (10/5/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Raka F Pujangga

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Jasa Marga Cabang Semarang membutuhkan sedikitnya 7.500 uang elektronik pada pelaksanaan nontunai tahap I di Gerbang Tol Muktiharjo dan Gayamsari, 30 September 2017 mendatang.

Deputi General Manager Operasional Jasa Marga Cabang Semarang, Aprimon‎ mengatakan, stok tersebut dibutuhkan untuk mengantisipasi pengendara yang tidak memiliki uang elektronik.

Pihaknya tak ingin, kejadian habisnya uang elektronik pada gerbang tol menuju Alam Sutera, Tangerang Selatan, Banten, beberapa waktu, terjadi di Semarang.

"Di sana sempat terjadi chaos ‎karena uang elektroniknya habis. Dan juga, tidak disiapkan uang kembalian," kata dia, Rabu (13/9/2017).

Sehingga, pihaknya membutuhkan dukungan penuh sejumlah bank menyediakan uang elektronik bagi pengendara yang belum memiliki.

‎"Pengalaman penerapan cashless (nontunai) ini memang, banyak masyarakat membeli pada detik terakhir. Dan mereka membeli langsung di gerbang tol," jelas dia.

(Baca: CATAT, Mulai 30 September Wajib Pakai Kartu Tol di Dua Gerbang Tol Semarang Ini)

Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, pihaknya akan menyebar leaflet di Gerbang Tol (GT) Muktiharjo dan Gayamsari, pada Jumat (15/9/2017).

"Pada kegiatan itu, kami akan menyosialisasikan kepada masyarakat untuk menggunakan nontunai," jelasnya.

Dia mengatakan, untuk masa peralihan, pihaknya akan menerapkan gardu semi otomatis (GSO) sehingga masih dibutuhkan sejumlah orang.

"‎Kami tidak ingin terjadi chaos saat masa transisi ini. Sehingga, kami akan membantu pengendara yang tidak membawa uang elektronik untuk isi saldo di gerbang tol," jelas dia. (*)

Penulis: raka f pujangga
Editor: rika irawati
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help