TribunJateng/
Home »

Solo

UNS dan FKPT Jawa Tengah Gelar Dialog Pencegahan Aksi Terorisme

Dialog diselenggarakan di Ruang Sidang 2 Gedung Prakosa UNS, Solo, Rabu (13/9/2017)

UNS dan FKPT Jawa Tengah Gelar Dialog Pencegahan Aksi Terorisme
Tribun Jateng/akbar hari murti
Suasana dialog bertema "Pelibatan Lembaga Dakwah Kampus (LDK) dan Birokasi Kampus Dalam Pencegahan Terorisme Melalui Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme" yang diselenggarakan di Ruang Sidang 2 Gedung Prakosa UNS, Solo, Rabu (13/9/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Akbar Hari Mukti

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo bersama Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Jawa Tengah gelar dialog bertema "Pelibatan Lembaga Dakwah Kampus (LDK) dan Birokasi Kampus Dalam Pencegahan Terorisme Melalui Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme".

Dialog diselenggarakan di Ruang Sidang 2 Gedung Prakosa UNS, Solo, Rabu (13/9/2017).

Berdasar pantauan, suasana dialog hangat dan serius.

Najahan Musyafak, Ketua FKPT Jateng menuturkan, aktivitas yang berujung ke arah radikalisme di sejumlah kampus-kampus, terutama kampus umum akhir-akhir ini terus meningkat.

Peningkatan aktivitas tersebut, disinyalirnya dapat menjadi tempat potensial berkembangnya aktivitas keagamaan yang eksklusif dan radikal.

"Hal ini menjadikan perguruan tinggi umum lebih mudah menjadi target rekrutmen gerakan-gerakan radikal, dibandingkan perguruan tinggi berbasis keagamaan," jelasnya.

Ia menguraikan, hasil Penelitian Pengetahuan Indonesia (LIPI) pada 2011, menemukan bahwa pola-pola gerakan radikal di Indonesia, satu di antaranya adalah melalui penyusupan pada organisasi-organisasi kemahasiswaan tingkat kampus yang sebagian besar terdapat di perguruan tinggi non-keagamaan.

Ia pun menilai, civitas akademika perguruan tinggi, khususnya Lembaga Dakwah Kampus (LDK) sangat strategis apabila dilibatkan dalam pencegahan penyebaran radikalisme di kampus.

"Hal ini karena LDK yang paling dekat bersentuhan dengan masyarakat kampus, khususnya mahasiswa sebagai calon-calon pemimpin masa depan," urainya.

Sementara, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UNS, Dasono mengatakan, UNS memiliki komitmen yang sangat kuat dengan pencegahan radikalisme dan terorisme.
Ia pun mengatakan, pihaknya menyambut baik rencana kegiatan BNPT dan FKPT dilaksanakan di kampusnya.

“Mudah-mudahan melalui kegiatan ini nanti dapat memberikan sumbangsih bagi kemajuan pencegahan radikalisme dan terorisme di tanah air," katanya. (*)

Penulis: akbar hari mukti
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help