TribunJateng/

Ini Syarat dan Jadwal Pemilihan Kakang Mbekayu Duta Wisata Purbalingga 2017

Rangkaian kegiatan pemilihan akan dimulai dengan pendaftaran calon peserta yang telah dibuka mulai 11-24 September 2017 mendatang. Grand Final rencana

Ini Syarat dan Jadwal Pemilihan Kakang Mbekayu Duta Wisata Purbalingga 2017
tribunjateng/ist
Pemilihan Kakang Mbekayu Duta Wisata tahun 2017 akan segera digelar. FOTO pemilihan Duta Wisata 2016 Purbalingga 

Laporan Wartawan Tribun Jateng Khoirul Muzakki

TRIBUNJATENG.COM, PURBALINGGA - Pemilihan Kakang Mbekayu Duta Wisata tahun 2017 akan segera digelar.

Rangkaian kegiatan pemilihan akan dimulai dengan pendaftaran calon peserta yang telah dibuka mulai 11-24 September 2017 mendatang. Grand Final rencananya akan digelar di Obyek Wisata Air Bojongsari (Owabong), Sabtu malam (30/9).

Kepala Dinporapar Purbalingga, Drs Imam Hadi mengungkapkan, pemilihan duta wisata menggunakan sistem gugur dengan berbagai tahapan seleksi yang meliputi seleksi administrasi, tertulis, wawancara dan presentasi.

"Dengan seleksi yang ketat, kami berharap akan menghasilkan duta wisata terbaik dan mampu benar-benar bertugas sebagai dutanya pariwisata Purbalingga," kata Imam Hadi, Kamis (14/9).

Imam Hadi menjelaskan, persyaratan peserta yang bisa mendaftar yakni pelajar SMA/SMK/MA atau mahasiswa atau masyarakat umum berusia 17-24 tahun.

Peserta berdomisili di Purbalinggga atau memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Purbalingga. Peserta sehat jasmani dan rohani. Tinggi badan pria minimal 170 cm, sementara wanita 165 cm, dan belum menikah.

Peserta juga disyaratkan mampu berbahasa Jawa dialek Purbalingga, bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris secara baik dan benar.

Peserta belum pernah menjadi juara I pada pemilihan Kakang Mbekayu Duta Wisata Purbalingga. Pendaftaran ini tidak dipungut biaya apapun.

"Kami tidak mentarget jumlah peserta yang mendaftar. Peserta mengikuti seleksi administrasi, wawancara, dan selanjutnya akan dipilih untuk masuk grand final pada 30 September 2017 sebanyak 10 pasang (20 orang)," kata Imam Hadi

Selain mengikuti rangkaian seleksi yang telah ditetapkan, peserta harus mampu mempresentasikan singkat tentang pariwisata dan peran apa yang dijalankan jika terpilih sebagai duta wisata.

Pendaftaran ini bisa dilakukan secara offline di kantor Dinporapar Jalan Piere Tendean 10 Purbalingga.

Rangkaian kegiatan selain seleksi tertulis, wawancara, juga ada kegiatan outdoor activity day, sesi foto peserta, karantina, serta pembekalan mengenai kepariwisataan, kepribadian, psikologi, beauty class, dan public speaking.

"Untuk rangkaian outdoor activity kami rencanakan mengunjungi tempat-tempat wisata di Purbalingga. Harapannya, peserta dapat semakin mengenal potensi wisata Purbalingga dan selanjutnya mampu mempromosikan di komunitasnya atau jejeraing pertemanan di media sosial yang dimilikinya,"katanya

Panitia akan memilih enam pasang juara mulai juara I II III dan Juara Harapan I II III. Masing-masing juara akan mendapat uang pembinaan, tropi dan piagam. Total hadiah seluruhnya Rp 21 juta. (*)

Penulis: khoirul muzaki
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help