TribunJateng/

Normalisasi Sungai Pemali, 1.229 Bangunan di Bantaran Sungai akan Ditertibkan

Pada musim kemarau ini, Pemerintah Kabupaten Brebes dan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juwana melakukan normalisasi sungai

Normalisasi Sungai Pemali, 1.229 Bangunan di Bantaran Sungai akan Ditertibkan
Tribun Jateng/Mamdukh Adi Priyanto
Normalisasi sungai Pemali Hilir di Kecamatan Larangan 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Mamdukh Adi Priyanto

TRIBUNJATENG.COM,BREBES - Pada musim kemarau ini, Pemerintah Kabupaten Brebes dan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juwana melakukan normalisasi sungai.

Normalisasi dilakukan tidak hanya dengan pengerukan, tapi juga termasuk menertibkan bangunan liar yang ada di bantaran sungai kawasan Daerah Aliran Sungai (DAS) Pemali Hilir Kabupaten Brebes.

Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air dan Penataan Ruang (PSDAPR) Brebes, Agus Ashari mengatakan, jumlah bangunan liar yang akan ditertibkan itu tersebar di sembilan kecamatan. 

"Selain tidak berizin, bangunan liar itu berbahaya saat musim penghujan. Bangunan sangat rawan longsor dan juga menghambat aliran air yang ada di sekitar," kata Agus, Kamis (14/9/2017).

Rincian jumlah bangunan liar yakni di Kecamatan Bulakamba ada 273 bangunan, Larangan 341 bangunan, Ketanggungan 102 bangunan, Kersana 30 bangunan, Jatibarang 139 bangunan, Brebes Kota 114 bangunan, Tanjung 27 bangunan, Wanasari 101 bangunan dan Kecamatan Songgom 102 bangunan.

Pihaknya sudah melakukan sosialisasi untuk penertiban tersebut. Bangunan liar yang ada di bantaran sungai ada yang semi permanen dan juga permanen.

"Kami telah menggandeng desa, kecamatan, kepolisian dan TNI dalam mensosialisasikan penertiban ini. Harapannya semuanya bisa berjalan dengan baik," ujarnya.

Dalam penertiban, kata dia, tidak ada proses ganti rugi kepada pemilik bangunan.

Namun, pemerintah telah menyediakan tempat untuk menampung masyarakat miskin yang memiliki bangunan di bantaran sungai.

Untuk mengantisipasi kericuhan saat penertiban nanti, pihaknya telah bekerjasama dengan kepolisian dan TNI. (*)

Penulis: mamdukh adi priyanto
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help