TribunJateng/
Home »

Video

VIDEO Penampakan Kemacetan Saat Jembatan Wonokerto Dibongkar

Sisi selatan Jembatan Wonokerto, Jalan Pantura Semarang-Demak Kilometer 18 mulai dibongkar. Pembongkaran tersebut dilakukan untuk mengganti pelat beto

TRIBUNJATENG.COM, DEMAK - Sisi selatan Jembatan Wonokerto, Jalan Pantura Semarang-Demak Kilometer 18 mulai dibongkar. Pembongkaran tersebut dilakukan untuk mengganti pelat beton yang mulai berlubang.

Agus Setiawan, Pelaksana Lapangan pekerjaan tersebut menyampaikan, perbaikan Jembatan Wonokerto akan memakan waktu selama satu setengah bulan.

Kasatlantas Polres Demak AKP Christian Chrisye berlakukan sistem buka tutup karena hanya satu sisi jalan di jembatan Wonokerto yang dilalui kendaraan. Otomatis satu sisi dipakai untuk dua jalur dari Semarang ke Demak dan sebaliknya. Pemasangan rambu dan pemberitahuan sudah dipasang di jarak 3 km sebelum jembatan.

Kasatlantas Polres Demak AKP Christian Chrisye tinjau persiapan contra flow di Jembatan Wonokerto yang akan ditutup satu arah karena perbaikan, Kamis 7 September 2017
Kasatlantas Polres Demak AKP Christian Chrisye tinjau persiapan contra flow di Jembatan Wonokerto yang akan ditutup satu arah karena perbaikan, Kamis 7 September 2017 (TRIBUNJATENG/RIVAL ALMANAF)

Pembongkaran jembatan Wonokerto ini juga berdampak terhadap jalur alternatif yang dilintasi kendaraan berat. Akibatnya ada sejumlah warga yang menutup jalan desa karena khawatir kondisi jalan akan cepat rusak jika dilewati truk besar.

Sebut saja di jalan desa seberang sungai jalur pantura itu ditutup menggunakan bambu di tiap gang masuk. Beberapa jalan ditempatkan pula papan bertuliskan 'Bukan Jalan Umum' atau 'Selain Warga Dilarang Melintas'.

Kades Wonokerto, Bambang Untoro menjelaskan, penutupan jalan desa untuk umum tersebut dikarenakan beberapa hal. Karena jalan desa adalah akses utama anak anak pulang pergi sekolah, mengaji dan ke madrasah.

Perbaikan Jembatan Wonokerto yang menghubungkan Jalan Pantura Semarang-Demak di Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Demak itu akan butuh waktu sekitar 45 hari. Perbaikan ini dianggarkan Rp 5 miliar.

Jembatan Wonokerto di Demak jalur pantura akan diperbaiki sisi selatan lebih dulu mulai 11 September
Jembatan Wonokerto di Demak jalur pantura akan diperbaiki sisi selatan lebih dulu mulai 11 September (TRIBUNJATENG/RIVAL ALMANAF)

Maka penting bagi pengendara untuk tahu jalan alternatif biar nggak terjebak kemacetan panjang.

Jalur alternatif itu menuju ke Kecamatan Guntur, kemudian saat sampai di perempatan Desa Pamongan bisa berbelok ke kanan arah Onggorawe, Sayung atau lurus ke Karangawen.

Di perempatan Jalan Onggorawe ke kanan arah kembali ke pantura, lurus ke Genuk, Semarang dan kiri ke Mranggen.

Terpisah, Agus Setiawan, pelaksana lapangan pekerjaan perbaikan Jembatan Wonokerto menambahkan proses perbaikan akan diusahakan rampung sebelum batas akhir pekerjaan.

Pengerjaan jembatan Wonokerto yaitu mengganti pelat kemudian dibeton kembali, rangka besinya masih sama, kurang lebih sama seperti perbaikan Jembatan Tuntang beberapa tahun lalu. (tribunjateng/rival almanaf)

Penulis: rival al-manaf
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help