TribunJateng/

Presiden Jokowi Pastikan Dukungan Terhadap Produsen Kendaraan Dalam Negeri

Presiden Joko Widodo menyatakan, pemerintah mendukung penuh produsen kendaraan dalam negeri untuk bisa bersaing di pasar.

Presiden Jokowi Pastikan Dukungan Terhadap Produsen Kendaraan Dalam Negeri
Tribunnews.com / Nico Manafe
Presiden Jokowi dan Sukiyat saat meninjau Kendaraan Pedesaan yang dibuat Kiat Motor di bengkel Kiat Motor Klaten, Minggu (17/9/2017). 

TRIBUNJATENG.COM, KLATEN - Presiden Joko Widodo menyatakan, pemerintah mendukung penuh produsen kendaraan dalam negeri untuk bisa bersaing di pasar.

“Tugas pemerintah memberikan dorongan agar gagasan, ide, seperti ini bisa masuk ke pasar. Tugas pemerintah itu. Dan saya akan dorong ini agar segera sertifikasi, uji emisi,” ujar Presiden Jokowi dalam kunjungannya ke Kiat Motor di Jalan Solo-Yogyakarta, Kabupaten Klaten, Minggu (17/9/2017).

Jokowi mengatakan, tugas pemerintah selesai sampai pada dukungan sertifikasi hingga uji emisi. Jokowi tidak ingin, pemerintah campur tangan hingga ke pasar. Sebab, justru bisa berisiko pada sulitnya bersaing dengan produk lain.

“Kalau pemerintah terlalu membantu, jadinya nanti tidak bisa kompetitif di pasar. Pemerintah itu tadi mendukung sertifikasi, mendukung uji emisi. Kalau perlu, hal-hal yang berkaitan dengan pajak barang mewah, misalnya. Ini kan produk dalam negeri, mungkin bisa dibantu,” kata Jokowi.

(Baca: Dulu Minder Karena Difabel, Sekarang Sukiyat Sukses Membesarkan Kiat Motor)

“Jangan sampai, semuanya disuntik dari pemerintah. Suntikannya setop, mobilnya ikut setop. Enggak boleh seperti itu,” tutur Jokowi.

Saat ini, Kiat Motor yang dikenal membuat mobil Esemka itu tengah merampungkan Kendaraan pedesaan. Kendaraan ini berupa mobil bermesin 650 cc mirip pikap.

Dalam kesempatan itu, Jokowi bertanya ke pemilik Kiat Motor, Sukiyat, terkait rencana bisnis, terutama dalam hal persaingan dengan produk asal China dan Korea Selatan.

“Bussines plan harus sudah jelas dipasarkan kepada siapa, harganya berapa, apakah bisa bersaing dengan produk dari, misalnya China, Korea, Jepang, karena ini masalah persaingan di pasar. Tetapi, apapun, pemerintah harus mendorong, harus mendukung produk-produk dalam negeri seperti ini,” kata Jokowi. (tribunnews.com)

Editor: rika irawati
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help