TribunJateng/

Jateng Travelguide

Total Promosikan Potensi Wisata, Bupati Pekalongan Asip Naik Puncak Hanoman di Petungkriyono

Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi, rupanya tak main-main mempromosikan potensi wisata di wilayahnya.

Total Promosikan Potensi Wisata, Bupati Pekalongan Asip Naik Puncak Hanoman di Petungkriyono
Istimewa
Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi, dibantu staf saat melintasi jalur Puncak Hanoman di Gunung Kendalisodo, Petungkriyono, Sabtu (16/9/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Radlis

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN - Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi, rupanya tak main-main mempromosikan potensi wisata di wilayahnya.

Saat ini, Pemkab Pekalongan menggenjot promosi wisata di kawasan Petungkriyono. Kawasan pegunungan ini memang menyimpan potensi wisata alam yang belum dikelola secara maksimal.

Penelusuran Tribunjateng.com beberapa waktu lalu, masih banyak air terjun di kawasan ini yang belum memiliki akses jalan.

Selain mempromosikan lewat program di Dinas Pariwisata, Asip punya cara unik. Dia mengajak jajarannya mendaki Puncak Hanoman di Gunung Kendalisodo, Petungkriyono.

Mulai dari kepala dinas, staf ahli, kepala desa, juga jajaran lintas instansi yang tergabung dalam Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda), dan warga pecinta alam, diajak mendaki gunung.

(Baca: Puluhan Pilot Drone, Blogger, Forographer dan Jurnalis Berpetualang di Petungkriyono)

Ini kali kedua Asip mengajak jajarannya mendaki puncak gunung di Kabupaten Pekalongan. "Yang pertama, Puncak Merah Putih di Petungkriyono juga. Kemarin ke Puncak Hanoman," kata Asip, Minggu (17/9/2017).

Meski perjalanan dari posko di Desa Tlogohendro ke puncak hanya satu jam namun Asip mengaku bersusah payah mencapai puncak.

"Ketinggiannya 1.695 mdpl, lumayan bikin terengah-engah juga," katanya.

Asip mengatakan, untuk mengenalkan potensi wisata di wilayahnya, dia akan mengajak masyarakat Kabupaten Pekalongan mendatangi lokasi.

"Saya dulu yang datang ke sana, ajak seluruh jajaran dan warga. Setelah masyarakat diajak, banyak yang tahu, maka wisatawan luar Kabupaten Pekalongan diundang datang," ungkapnya.

(Baca: Bupati Asip Anggarkan Rp 23 Miliar Perbaiki Infrastruktur di Petungkriyono Pekalongan)

Tak sekedar mempromosikan, sarana dan prasarana juga dibenahi. Mulai akses jalan hingga ketersediaan angkutan dan fasilitas di lokasi.

"Utamanya itu pemberdayaan masyarakat, mudah-mudahan, wisata ini membawa efek yang baik untuk masyarakat," katanya. (*)

Penulis: muh radlis
Editor: rika irawati
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help