KRISIS ROHINGYA

Warga Lempar Bom Molotov ke Kapal Pengangkut Bantuan Rohingya

Ito menyebut telah terjadi serangan menggunakan bom molotov terhadap kapal pembawa bantuan dari Palang Merah Internasional (ICRC).

Warga Lempar Bom Molotov ke Kapal Pengangkut Bantuan Rohingya
tribunjateng/galih p asmoro/ist
BANTUAN KEMANUSIAAN - Tenda bantuan Indonesia telah dipasang di lokasi pengungsi Rohingya di Thaingkali, Ukhiya Bangladesh, Kamis (21/9/2017). Tenda itu bisa menampung 60.000 pengungsi. Indonesia juga serahkan bantuan makanan dan obat-obatan. 

TRIBUNJATENG.COM, YANGON - Bantuan dari pemerintah Indonesia untuk warga Rohingya di Myanmar terus mengalir.

Namun situasi di Negara Bagian Rakhine yang sebelumnya dihuni warga Rohingya, belum kondusif.

"Tensi penduduk di wilayah itu saat ini sangat tinggi," ujar Duta Besar Republik Indonesia di Myanmar, Ito Sumardi, ketika ditemui di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI), Yangon, Myanmar, Jumat (22/9).

Ito menyebut telah terjadi serangan menggunakan bom molotov terhadap kapal pembawa bantuan dari Palang Merah Internasional (ICRC).

Menurut mantan Kabareskrim itu, kapal yang tengah melintas di sungai tersebut diketahui membawa bantuan yang di antaranya berupa solar panel untuk tenaga listrik, sejumlah selimut, serta bantuan lainnya.

Baca: Menikah dengan Mahar Rp 500 Ribu, Curhatan Perempuan Ini Bikin Haru Netizen

Ito menambahkan, penduduk Rakhine masih menyimpan kecurigaan terhadap bantuan dari negara asing.

"Mereka merasa curiga pada bantuan dari negara asing. Mereka juga sangat sensitif terhadap orang asing," kata purnawirawan Komisaris Jenderal Polisi itu.

Karena itu, pihaknya akan terus melakukan koordinasi dengan Pemerintah Daerah Rakhine agar bantuan maupun tenaga pendamping dari Badan Nasional Penamnggulan Bencana (BNPB) Indonesia dapat masuk ke Rakhine, serta keselamatan mereka terjamin.

Baca: Nikmati Akhir Pekan dengan Tonton Sepakbola, Berikut Jadwal Siaran Langsungnya

Halaman
123
Editor: bakti buwono budiasto
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help