TribunJateng/

Pantau Lalu Lintas Ruas Tol Banyumanik-Salatiga, TMJ Sudah Siapkan 20 CCTV

Tetapi secara pastinya bakal dipasang di titik strategis, di antaranya di simpang susun, underpass, maupun overpass

Pantau Lalu Lintas Ruas Tol Banyumanik-Salatiga, TMJ Sudah Siapkan 20 CCTV
Tribun Jateng/Suharno
Sejumlah kendaraan melintas di Gerbang Tol Bawen, Senin (26/6/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Deni Setiawan

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Masih ingat video warganet yang merekam laju mobil melawan arus di Ruas Tol Ungaran-Bawen Km 19 pada pertengahan Juni 2017 dan sempat menjadi viral di sosial media (sosmed)?

Demi mengantisipasi kejadian tersebut agar tidak terjadi lagi, termasuk mempermudah pemantauan lalu lintas di sepanjang tol mulai dari Ruas Banyumanik hingga Salatiga, PT Trans Marga Jateng (TMJ) telah menyiapkan puluhan televisi sirkuit tertutup (CCTV).

"Saat ini memang masih minim jumlah CCTV yang kami pasang. Hanya baru 3 buah dan itupun baru di tiap gerbang tol (GT), yakni di GT Banyumanik, GT Bawen, dan GT Salatiga. Belajar dari pengalaman kejadian yang sempat jadi viral itu, kami sedang siapkan banyak CCTV," kata Direktur Utama PT TMJ Yudhi Krisyunoro.

Kepada Tribunjateng.com, Jumat (29/9/2017), pihaknya tak menampik saat kejadian ketika itu, sulit untuk mengidentifikasi mobil yang melawan arus, yang kemungkinan masuk melalui GT Ungaran. Dari hasil evaluasi, menjadi hal penting dipasangnya CCTV di berbagai sudut.

"Fungsinya tidak sekadar itu, tetapi juga untuk memantau pergerakan lalu lintas di sepanjang jalur bebas hambatan yang kami kelola. Saat ini kami sedang laksanakan lelang sekitar 20 CCTV. Kami targetkan lelang selesai dan CCTV dapat dipasang paling lambat akhir tahun ini," ucapnya.

Menurutnya, rencana titik mana saja yang bakal dipasang CCTV itu, pihaknya masih membahasnya. Tetapi secara pastinya bakal dipasang di titik strategis, di antaranya di simpang susun, underpass, maupun overpass.

"Pengadaan 20 CCTV itu merupakan tahap awal. Tahun depan, kami akan pasang lagi. Bahkan targetnya, tiap 500 meter, terdapat CCTV mulai dari GT Banyumanik hingga GT Salatiga. Secara fungsional, CCTV itu bakal aktif merekam laju kendaraan di dua arah selama 24 jam dalam sehari," terangnya. (*)

Penulis: deni setiawan
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help