TribunJateng/
Home »

Solo

Kemenpora Optimis Akan Cetak 8 ribu Pengusaha Muda

Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia optimis, pihaknya dapat cetak 8 ribu pengusaha muda,

Kemenpora Optimis Akan Cetak 8 ribu Pengusaha Muda
TRIBUN JATENG/AKBAR HARI MUKTI
Kabid Penelusuran dan Pemetaan Kemenpora, Ir. Sutrija (paling kiri) pada workshop bertema "One Youth, One Product" di Universitas Negeri Solo (UNS), Solo, Rabu (4/10/2017 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Akbar Hari Mukti

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia optimis, pihaknya dapat cetak 8 ribu pengusaha muda, hingga akhir tahun 2017.

Kabid Penelusuran dan Pemetaan Kemenpora, Ir. Sutrija menjelaskan, keoptimisan itu, karena pihaknya telah sukses pada tahun sebelumnya, yakni berhasil cetak 5 ribu wirausahawan muda baru.

Menurutnya, satu misi utama pemerintah sekarang ini adalah menumbuhkan jiwa wirausaha di kalangan pemuda. Mengingat kaum muda saat ini menjadi satu elemen yang ada di daftar pengangguran di Indonesia.

Oleh sebab itu ia menjelaskan, pihaknya membidik pemuda, dengan pembekalan dengan ilmu-ilmu kewirausahaan, dengan harapan setelah lulus nanti pemuda tidak hanya mencari kerja tetapi juga dapat menciptakan lapangan kerja sendiri.

Baca: WADUH, 57 Desa di Empat Kecamatan di Kendal Masuk Kategori Kumuh

"Angka pengangguran intelektual, adalah 2 persen dari 64 juta jiwa jumlah keseluruhan pengangguran di Indonesia sekitar. Itu data dari PBS (Badan Pusat Statistik)," katanya pada workshop bertema "One Youth, One Product" di Universitas Negeri Solo (UNS), Solo, Rabu (4/10/2017).

Ia memaparkan, berdasarkan data yang ia kantongi, jumlah pemuda dengan rentan usia 16-30 tahun di Indonesia saat ini mencapai angka 61,8 juta orang atau setara dengan 24,5 persen dari total penduduk Indonesia.

Bahkan, ia menjelaskan, sejumlah pakar memprediksi jumlah pemuda akan meningkat tajam pada 2020-2035 mendatang.

Baca: VIDEO Pengakuan Heni Setelah Menusuk Dada PK Teman Satu Kos

Halaman
12
Penulis: akbar hari mukti
Editor: bakti buwono budiasto
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help