TribunJateng/
Home »

Solo

FKIP UNS Gelar Seminar Pemanfaatan Teknologi ke Dalam Ilmu Pengetahuan

Sutarno menjelaskan, dengan menggabungkan ilmu pendidikan dan teknologi, dapat memperbaiki kualitas pendidikan di Indonesia

FKIP UNS Gelar Seminar Pemanfaatan Teknologi ke Dalam Ilmu Pengetahuan
Tribun Jateng/akbar hari murti
Nunuk Suryani, ketua panitia seminar Internasional Conference on Teacher Training and Education (ICTTE) 2017, saat membuka seminar yang berlangsung di Hotel Sunan Solo, sabtu (7/10/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Akbar Hari Mukti

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo gelar seminar Internasional Conference on Teacher Training and Education (ICTTE) 2017.

Seminar itu berlangsung di Hotel Sunan Solo, Sabtu (7/10/2017).

Adapun, seminar ICTTE itu bertemakan 'Teacher Training and Education: Opportunities and
Challenges in Fostering Quality Learning in the Era of Open Knowledge'.

Seminar dibuka oleh Wakil Rektor bidang akademik UNS, Sutarno.

Sutarno menjelaskan, dengan menggabungkan ilmu pendidikan dan teknologi, dapat memperbaiki kualitas pendidikan di Indonesia.

"Pada dasarnya, penekanan perbaikan kualitas pendidikan dengan aktif mengabungkan teknologi bisa memperbaiki pembelajaran di perguruan tinggi," tuturnya.

Menurut Sutarno, Indonesia telah memiliki banyak inovator dalam bidang teknologi, yang dapat digabungkan untuk mempelajari ilmu pendidikan di perguruan tinggi.

"Hal itu menjadi fokus kami. Kami ingin, para pencipta aplikasi, para pengembang fitur teknologi masa kini dapat bergabung, dan membuat proyek gabungan dengan akademisi dari UNS maupun universitas lain agar dunia pendidikan Indonesia semakin maju," ungkapnya.

Ketua panitia seminar, Nunuk Suryani, menilai, seminar Internasional ini merupakan acara tahunan FKIP, dalam bentuk forum ilmiah dengan melibatkan berbagai pihak.

"Di antaranya sejumlah peneliti, birokrat, pengamat, dosen, guru, dan mahasiswa untuk membagi wawasan, pemikiran dan hasil riset terkini terkait isu serta fenomena pengembangan pendidikan guru di seluruh dunia," urainya.

Selain itu, Nunuk menjelaskan, selain membahas proyek gabungan ilmu pendidikan dengan teknologi, dalam the 3rd ICTTE, pihaknya membahas juga tentang 243 judul paper, yang berasal dari Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Jepang.

Setelah melewati proses seleksi, ia menuturkan, terdapat 155 paper yang akan dipresentasikan dengan topik mencakup berbagai aspek dalam perkembangan pendidikan, pembelajaran, dan pengembangan institusi pendidikan guru, dan pemanfaatan IT untuk kemajuan pendidikan dan pelatihan guru.

"Selain peserta dari Indonesia, ICTTE tahun ini juga mengundang secara khusus delegasi dari Thepsatri Rajabhat University, Thailand," tutur Nunuk. (*)

Penulis: akbar hari mukti
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help