TribunJateng/

Dari 15 Ribu Nelayan Kendal Baru Segini saja yang Ikut Asuransi

Dari 15 ribu nelayan di Kabupaten Kendal saat ini baru 170 nelayan yang sudah punya Kartu Asuransi Nelayan.

Dari 15 Ribu Nelayan Kendal Baru Segini saja yang Ikut Asuransi
tribunjateng/dini
Ratusan warga antusias mengikuti gelaran pesta laut atau sedekah laut yang diadakan nelayan di Desa Gempolsewu, Kecamatan Rowosari, Jumat (29/9/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Dini Suciatiningrum

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Dari 15 ribu nelayan di Kabupaten Kendal saat ini baru 170 nelayan yang sudah punya Kartu Asuransi Nelayan.

Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kab Kendal Zaenal Arifin menjelaskan kuota bantuan premi Asuransi Nelayan dari pemerintah untuk nelayan di Kendal sebenarnya untuk 1.700 nelayan namun kurang ada koordinasi dan sosialisasi jumlah nelayan yang memiliki asuransi masih minim.

"Asuransi buat nelayan ini penting karena resiko pekerjaan juga besar, dengan asuransi mereka akan mendapatkan perlindungan selama bekerja," paparnya, Minggu (8/10/2017)

Ketua HSNI Kab Kendal Zainal Arifin
Ketua HNSI Kab Kendal Zainal Arifin (tribunjateng/dini)

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kendal Agung Setiawan menambahkan para nelayan bisa ikut asuransi secara mandiri. Pasalnya bantuan premi asuransi untuk nelayan dari pusat itu jumlahnya terbatas.

Jika terjadi kecelakaan sampai meninggal dunia di darat akan mendapat asuransi sebesar Rp 160 juta, jika di laut sebesar Rp 200 juta.

Apabila nelayan sakit akan mendapatkan asuransi Rp 10-20 juta, dan jika mengalami cacat tetap, maka akan mendapatkan asuransi sampai Rp 60 juta. "Semoga para nelayan bisa secara sadar mendaftar asuransi agar tenang saat bekerja," harapnya (*)

Penulis: dini
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help