TribunJateng/
Home »

Bisnis

» Makro

Aptrindo Yakin Sertifikasi Sopir Truk Bisa Tingkatkan Bisnis Jasa Angkutan

Selama ini perusahaan angkutan barang yang harus menanggung semua kerugian yang ditimbulkan akibat kecelakaan di jalan raya.

Aptrindo Yakin Sertifikasi Sopir Truk Bisa Tingkatkan Bisnis Jasa Angkutan
TRUCKERS TRAINING
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Raka F Pujangga

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Jawa Tengah meyakini sertifikasi sopir mampu meningkatkan geliat bisnis jasa angkutan.

Wakil Ketua Aptrindo Jawa Tengah, Bambang Widjanarko, mengatakan sopir yang telah memiliki sertifikasi akan berpengaruh terhadap company profile perusahaan truk dalam mencari order muatan.

"Beberapa pabrik memang menuntut safety dalam pengangkutan barang miliknya dengan SOP (standar prosedur operasional) sangat ketat. Tapi kebanyakan mereka perusahaan asing," kata Bambang, Senin (9/10/2017).

‎Aturan itu, kata dia, berbeda dari perusahaan lokal yang tidak terlalu memiliki syarat yang ketat.

Organisasinya pun sangat setuju rencana sertifikasi sopir angkutan tersebut.

‎"Termasuk di dalamnya harus ada tentang safety driving dan pemahaman karakter kendaraan mulai dari mesin, pengereman hingga kemampuan mengangkut beban," ujarnya.

Menurutnya, selama ini perusahaan angkutan barang yang harus menanggung semua kerugian yang ditimbulkan akibat kecelakaan di jalan raya.

Berbeda dari luar negeri,‎ yang harus menanggung barang muatannya adalah pemilik barang.

"Standard Trading Condition yang tertuang dalam konvensi Jenewa 1959 belum bisa berjalan di Indonesia. Maka perusahaan angkutan truk yang harus menanggung risiko kecelakaan, pembegalan dan bencana alam," jelas dia. (*)

Penulis: raka f pujangga
Editor: abduh imanulhaq
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help