TribunJateng/

Diyakini sebagai Penasihat Politik dan Humas Kim Jong Un, Siapa sebenarnya Kim Yo Jong?

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mengangkat adik perempuannya untuk memegang kekuasaan lebih besar di partai yang berkuasa.

Diyakini sebagai Penasihat Politik dan Humas Kim Jong Un, Siapa sebenarnya Kim Yo Jong?
KCNA via BBC Indonesia
Kim Yo-jong mendampingi kakaknya, Kim Jong-un, mengunjungi satu unit militer Korea Utara pada 2015. 

TRIBUNJATENG.COM - Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mengangkat adik perempuannya untuk memegang kekuasaan lebih besar di partai yang berkuasa.

Keputusan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mengangkat sang adik perempuan, Kim Yo-jong, menjadi anggota politbiro Partai Pekerja dipandang sebagai bagian dari konsolidasi kekuasaan.

Kim Yo-jong masuk ke politbiro menggantikan bibinya, Kim Kyong-hui, salah satu tokoh penting di lingkaran dalam ayah Kim Jong-un, Kim Jong-il.

Pengangkatannya diumumkan Kim Jong-un dalam pertemuan partai, Sabtu (7/10/2017) sebagai bagian dari perombakan yang melibatkan puluhan pejabat tinggi partai.

(Baca: Rakyatnya Hidup Miskin, Daftar Harta Karun Kim Jong Un Mencengangkan, No 5 Bikin Orang Penasaran)

Dengan masuk ke politbiro, komite yang sangat berpengaruh, Kim Yo-jong praktis masuk ke lembaga yang bertanggung jawab mengambil keputusan-keputusan penting.

Tiga tahun lalu, adik perempuan Kim Jong-un ini disebut sebagai pengurus senior partai. Ia menduduki jabatan sebagai wakil direktur Departemen Propaganda dan Agitasi.

Ia diyakini mengurus citra kakaknya di muka umum. Ia seringkali tampak berdiri di samping kakaknya.

Menurut sejumlah laporan, dialah yang meminta Kim Jong-un mengunjungi taman-taman hiburan, sekolah, perumahan rakyat dan mengusulkan agar sang kakak bersahabat dengan mantan pemain bola basket kenamaan Amerika Serikat, Dennis Rodman.

Selain memastikan citra positif, ia juga mengurusi logistik dan perjalanan Kim Jong-un maupun berperan sebagai penasehat politik.

Halaman
123
Editor: rika irawati
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help