TribunJateng/

OJK Jateng-DIY: Baru Ada Dua Perusahaan di Jateng yang Berizin Usaha Gadai

Kami mendorong perusahaan pergadaian di Jawa Tengah ini segera mengurus izin ke OJK. Karena kalau tidak, akan kami tertibkan

OJK Jateng-DIY: Baru Ada Dua Perusahaan di Jateng yang Berizin Usaha Gadai
TRIBUN JATENG/M ZAINAL ARIFIN
Sertijab Kepala Kantor OJK Jateng-DIY dari Moch Ihsanuddin kepada Bambang Kiswono di hadapan Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso, Senin (18/9/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Zainal Arifin

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Sejak dikeluarkannya Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 31/POJK.05/2016 tentang Usaha Pergadaian yang efektif berlaku tanggal 29 Juli 2016, hingga kini baru ada dua usaha pergadaian di Jawa Tengah yang berizin.

Kedua perusahaan pegadaian itu adalah Koperasi Simpan Pinjam Mandiri Sejahtera Abadi dan Koperasi Serba Usaha Dana Usaha.

Padahal, sudah lebih dari setahun POJK tersebut diberlakukan.

"Kami mendorong perusahaan pergadaian di Jawa Tengah ini segera mengurus izin ke OJK. Karena kalau tidak, akan kami tertibkan," kata Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kantor Perwakilan Jateng-DIY, Bambang Kiswono, Selasa (10/10/2017).

Baca: Rombongan DPD RI Tinjau TPA Jatibarang, Penasaran Proyek Pengolahan Sampah Jadi Listrik

Bambang menuturkan, kedua perusahaan pergadaian tersebut memperoleh izin usaha dari OJK melalui mekanisme permohonan pendaftaran sebagaimana diatur dalam POJK.

Sedangkan berdasarkan data OJK per September 2017, secara nasional terdapat 11 perusahan pergadaian yang telah memperoleh izin OJK.

Jumlah tersebut terdiri 7 pelaku usaha melalui permohonan pendaftaran dan 4 pelaku usaha melalui pengajuan izin usaha.

Bambang menjelaskan, penetapan POJK tersebut bertujuan untuk meningkatkan inklusi keuangan bagi masyarakat menengah ke bawah dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), melalui kemudahan akses terhadap pinjaman.

Halaman
123
Penulis: m zaenal arifin
Editor: bakti buwono budiasto
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help