TribunJateng/
Home »

Bisnis

» Mikro

Penguatan Harga Emas Masih Terpengaruh Ketegangan AS-Korut

Sementara itu, harga minyak melonjak 2,34% menyusul sinyal bahwa OPEC dapat memperpanjang pemotongan pasokan

Penguatan Harga Emas Masih Terpengaruh Ketegangan AS-Korut
Tribunnews.com
Penjaga toko memperlihatkan emas batangan 100 gram di Toko Emas Buana, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Rabu (18/3/2015). Harga logam mulia milik PT Aneka Tambang (Antam) ini turun, seperti di toko emas ini turun dari harga sehari sebelumnya Rp 499.000 menjadi Rp 493.000 per gram, atau turun Rp 6.000 per gramnya. Sedangkan emas perhiasan 24 karat turun dari Rp 492.000 menjadi Rp 485.000 per gramnya. Menurunnya harga emas tersebut akibat penguatan dolar. TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Zainal Arifin

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Harga emas terus naik dan bertahan di zona hijau didorong oleh dolar yang lebih lemah dan pembelian aset Safe Haven karena ketegangan geopolitik membuat investor terdesak.

Research Officer PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Semarang, Sherly Tamarindini Telan mengatakan, sentimen Safe Haven menjadi pemantik kelanjutan penguatan harga karena investor global khawatir akan kemungkinan semakin memanasnya ketegangan antara AS dan Korea Utara.

"Beberapa gejolak ekonomi di Inggris dan politik di Korea serta Eropa, sedikit mengganjal pergerakan greenback sehingga hal ini membuat harga emas ditutup menguat," kata Sherly, Rabu (11/10/2017).

Ia menuturkan, harga emas menyentuh level tertinggi dalam dua pekan yang dipicu liburnya data-data ekonomi AS serta situasi geopolitik di Catalan dan Korea yang masih bisa memunculkan aksi safe haven sewaktu-waktu.

Sementara itu, harga minyak melonjak 2,34% menyusul sinyal bahwa OPEC dapat memperpanjang pemotongan pasokan. Sedangkan Arab Saudi berencana mengurangi ekspor minyak bulan depan.

"Kondisi ini mendukung emas untuk melanjutkan penguatannya," jelas Sherly. (*)

Penulis: m zaenal arifin
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help