TribunJateng/

Empat Polisi Pengeroyok Wartawan Jadi Tersangka

Polres Banyumas akhirnya menetapkan 4 oknum polisi sebagai tersangka pengeroyokan dan penganiayaan terhadap wartawan

Empat Polisi Pengeroyok Wartawan Jadi Tersangka
Tribun Jateng/m radlis
Puluhan jurnalis di wilayah Pantura khususnya daerah Batang, Kabupaten dan Kota Pekalongan melakukan aksi solidaritas mengutuk kekerasan terhadap empat jurnalis di Banyumas. 

TRIBUNJATENG.COM, BANYUMAS - Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Banyumas akhirnya menetapkan 4 oknum polisi sebagai tersangka pengeroyokan dan penganiayaan terhadap jurnalis Metro TV, Darbe Tyas Waskitha.

Keempatnya berasal dari satuan Sabhara Polres Banyumas. Mereka adalah Aiptu AS, Bripda GP, Bripda HD, dan Bripda AY.

Dari hasil pemeriksaan, para tersangka telah mengakui perbuatannya, yakni melakukan pengeroyokan hingga pemukulan terhadap wartawan.

Penyelidikan terhadap kasus itu dilaksanakan oleh Polres Banyumas bekerjasama dengan Bidang Propam serta Direktorat Intelkam dan Keamanan Polda Jateng.

Para tersangka ini dijerat dengan Pasal 170 KUHP juncto Pasal 351 KUHP tentang pengeroyokan dan penganiayaan. Dalam perkembangannya nanti, tersangka berpotensi dijerat dengan UU Pers.

"Hingga sekarang laporan yang masuk baru dari pihak wartawan, belum ada laporan masuk dari pihak mahasiswa," kata Kapolres Banyumas AKBP Bambang Yudhantara Salamun, Rabu (11/10).

Satreskrim juga memeriksa tiga anggota Satpol PP Pemkab Banyumas yang diduga ikut terlibat melakukan aksi penyeroyokan. Dari hasil prarekonstruksi kemarin siang, ketiga anggota Satpol itu berpotensi menjadi tersangka.

Pihaknya memiliki waktu 1x24 jam untuk meningkatkan status mereka menjadi tersangka jika terbukti ada pelanggaran pidana.

Di luar penanganan pidana, Bidang Propam akan melakukan pemeriksaan terhadap keempatnya terkait pelanggaran kode etik sesuai dengan Perkapolri Nomor 14 tahun 2014 tentang Kode Etik Profesi Polri. (tribunjateng/Aqy)

Penulis: khoirul muzaki
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help