TribunJateng/
Home »

Solo

Ingin Tahu Sejarah Lagu Indonesia Raya? Datang Saja ke Pameran Arsip di Lokananta Solo

PNRI cabang Solo menyelenggarakan pameran arsip Lagu Indonesia Raya di komplek Studio Musik Lokananta, Kamis (12/10/2017).

Ingin Tahu Sejarah Lagu Indonesia Raya? Datang Saja ke Pameran Arsip di Lokananta Solo
tribun jateng/akbar hari mukti
Pengunjung melihat lirik arsip lagu Indonesia Raya di Pameran Arsip Lagu Indonesia Raya, di kawasan Studio Musik Lokananta, Kamis (12/10/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Akbar Hari Mukti

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Perum Percetakan Negara Republik Indonesia (PNRI) cabang Solo menyelenggarakan pameran arsip Lagu Indonesia Raya di komplek Studio Musik Lokananta, Kamis (12/10/2017). Kegiatan itu berlangsung hingga 19 Oktober mendatang.

Berdasar pantauan, pengunjung yang didominasi mahasiswa terlihat memerhatikan dan mencermati arsip yang dipamerkan. Penyelenggara memperdengarkan berbagai lagu nasional, termasuk lagu Indonesia Raya rekaman pertama dan kedua.

"Menurut saya, seni di Indonesia itu banyak sekali, melimpah. Satu di antaranya tentang musik. Kita harus bangga terhadap itu," kata Dhani, seorang pengunjung pameran.

(Baca: Lokananta dan Ikatan Komikus Solo Gelar Acara Sosialisasi Tutorial Lagu Indonesia Raya 3 Stanza)

Kepala Lokananta, Miftah C Zubir, usai pembukaan pameran, menerangkan, kegiatan ini tak hanya dilakukan di Solo. PNRI juga menggelar pameran di Museum Fatahillah, Jakarta.

“Pada tanggal 28 Oktober, rekamanan resmi ketiga lagu Indonesia Raya akan dilaunching Kemendikbud di Jakarta,” jelasnya.

Lewat ajang tersebut, Miftah juga ingin mengenalkan lagi kapan dan siapa yang pertama merekam lagu Indonesia Raya.

“Satu yang membedakan lagu Indonesia Raya rekaman ketiga dengan sebelumnya, yakni semua pemain musiknya, berasal dari Indonesia. Dengan kata lain, tidak ada satupun yang berasal dari luar negeri,” katanya. (*)

Penulis: akbar hari mukti
Editor: rika irawati
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help