TribunJateng/
Home »

Bisnis

» Mikro

Isi Saldo Kartu Tol Keluaran Mandiri dan BNI di Alfamart Kena Biaya Administrasi Rp 1.000

Proses pengisian ulang atau top up kartu e-tol milik bank BUMN di Alfamart, dikenai biaya Rp 1.000 per transaksi.

Isi Saldo Kartu Tol Keluaran Mandiri dan BNI di Alfamart Kena Biaya Administrasi Rp 1.000
TRIBUNJATENG/M SOFRI KURNIAWAN/DOK
Pengguna tol melakukan pembayaran nontunai di pintu gerbang tol Semarang. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Zainal Arifin

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Proses pengisian ulang atau top up kartu e-tol milik bank BUMN di Alfamart, dikenai biaya Rp 1.000 per transaksi. Pengenaan biaya tersebut berlaku bagi kartu elektronik tol keluaran Bank Mandiri dan Bank Negara Indonesia (BNI).

Corporate Communication Regional Manager PT Sumber Alfaria Trijaya, Firly Firlandi, mengatakan, biaya transaksi top up e-tol dibebankan berdasarkan ketentuan dari perbankan yang mengeluarkan kartu elektronik tersebut.

"Kalau e-tol Mandiri dan BNI, dikenai biaya Rp 1.000 per transaksi. Kalau e-tol BRI dan BCA, tanpa biaya atau gratis," kata Firly, Kamis (12/10/2017).

(Baca: TMJ Bakal Berlakuan Transaksi Nontunai di Tol Semarang-Solo Secara Bertahap)

Sebagai pengelola gerai, kata Firly, pihaknya hanya menjalankan kerjasama dengan bank-bank tersebut. Selain itu, layanan top up ini juga untuk memudahkan pelanggan yang sudah beralih ke e-money.

Ia menegaskan, pada prinsipnya, top up e-tol bisa dilakukan di semua gerai Alfamart. Jika ada pelanggan yang gagal mengisi atau menambah saldo e-tol di Alfamart, Firly menduga, hal ini terjadi karena keterbatasan alat Electronic Data Capture (EDC) bank.

"Tidak semua bank mesin EDC-nya lengkap sehingga ada kendala saat pengisian. Tapi, kalau EDC ada, tentu bisa dilakukan pengisian ulang," ujarnya.

Mulai 31 Oktober 2017, pemerintah menetapkan pembayaran di gerbang tol secara nontunai. Pengguna tol bisa menggunakan kartu elektronik tol yang dikeluarkan bank-bank rekanan, di antaranya dari BRI, Mandiri, BNI, juga BCA. (*)

Penulis: m zaenal arifin
Editor: rika irawati
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help