TribunJateng/

Serunya Lomba Masak One Dish Meal dan Seminar Kontribusi Tempe di Poltekkes Semarang

Jurusan Gizi Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang didukung oleh Restomart menyelenggarakan "1st Culinary Nutrition Festival".

Serunya Lomba Masak One Dish Meal dan Seminar Kontribusi Tempe di Poltekkes Semarang
tribunjateng/ist
Jurusan Gizi Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Semarang gelar Seminar Kesehatan, lomba masak One Dish Meal, serta simposium Kontribusi Tempe dalam Memenuhi Kecukupan Gizi dan Memerangi Penyakit Degenartif. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Jurusan Gizi Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang didukung oleh Restomart menyelenggarakan "1st Culinary Nutrition Festival".

Acara ini digelar 29-30 September 2017, dengan kegiatan antara lain Lomba Masak, Workshop, Seminar dan Simposium Nasional.

Lomba masak dan Workshop yang digelar di hari pertama, dihadiri peserta dari berbagai Poltekkes di Indonesia antara lain Poltekkes Padang, Poltekkes Tasikmalaya, Poltekkes Yogyakarta, Poltekkes Malang, Poltekkes Mataram, Poltekkes Palangkaraya, Poltekkes Pontianak, Poltekkes Sorong serta Poltekkes Semarang sebagai tuan rumah.

Sedangkan untuk lomba masak, selain pesertanya dari Poltekkes yang telah disebutkan di atas, juga diikuti oleh perwakilan beberapa Rumah Sakit diantaranya RS RA Kartini Jepara, RS JIH Yogyakarta dan RSUD Sragen.

Lomba masak dalam kegiaan ini mengangkat tema “One Dish Meal Nusantara sebagai Sarapan Sehat Anak Sekolah”.

Tema ini diusung karena sarapan merupakan salah satu faktor yang sangat penting untuk anak usia sekolah, karena waktu sekolah, anak melakukan berbagai aktivitas yang membutuhkan energi cukup besar.

Sarapan pagi harus memenuhi sebanyak 1/4 kalori yang dibutuhkan anak dalam sehari maka dari itu dalam lomba ini membuat berbagai macam resep sarapan dalam bentuk One Dish Meal untuk memenuhi kebutuhan sarapan anak.

One Dish Meal sering digunakan untuk menyebutkan makanan sepinggan yang merupakan salah satu upaya inovasi dalam memasak, memadukan bahan makanan dan menciptakan makanan yang bergizi seimbang.

Cara memasak One Dish Meal ini dapat dijadikan sebagai inspirasi dalam memasak makanan yang bergizi serta dapat mengantisipasi adanya keterbatasan bahan makanan.

Lomba masak One Dish Meal (ODM) ini menekankan penggunaan bahan pangan lokal agar tetap membudayakan pemakaian bahan-bahan tradisional yang terdapat pada daerah masing masing sekaligus untuk memanfaatkan dan menginovasi bahan pangan lokal sebagai salah satu bahan yang digunakan untuk membuat makanan sepinggan.

Halaman
12
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help