TribunJateng/

Airport Corner

Bandara Baru Ahmad Yani akan Dilengkapi Lima Garbarata

Melalui garbarata, penumpang nantinya diharapkan akan lebih aman dan nyaman saat memasuki dan keluar pesawat.

Bandara Baru Ahmad Yani akan Dilengkapi Lima Garbarata
TRIBUNJATENG/dok
FOTO DOKUMEN - Proyek pembangunan pengembangan bandara Ahmad Yani Semarang, 20 Juli 2016 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Peristiwa jet blast yang mengakibatkan delapan korban luka-luka pada Senin (8/10) lalu diharapkan Angkasa Pura I tidak akan terulang lagi di kemudian hari.

Dalam kejadian itu, selain disebabkan kencangnya semburan dari mesin pesawat juga ditengarai lantaran tidak kuatnya kaitan tangga.

Kepada Tribunjateng.com, Manajer Teknik Pengembangan Bandara Internasional Ahmad Yani (PP SRG), I Ketut Aryana mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan desain baru untuk naik turun penumpang.

Melalui garbarata, penumpang nantinya diharapkan akan lebih aman dan nyaman saat memasuki dan keluar pesawat.

"Nama indonesianya adalah jembatan udara, nantinya akan didesain berupa jembatan kaca yang akan menghubungkan antara terminal dan pesawat. Desain ini sudah dipakai di Bandara-bandara besar seperti Soekarno-Hatta," urai Ketut, Kamis (12/10).

Saat ini, pengguna Bandara Ahmad Yani harus menggunakan tangga saat masuk dan keluar dari pesawat. Sementara saat menuju terminal kedatangan, mereka harus berjalan kaki di apron.

"Desainnya nanti kotak dan bisa memanjang dan memendek, yang jelas penumpang tidak akan kepanasan atau kehujanan lagi," jelasnya.

Rencananya, akan ada lima garbarata yang bisa dipakai di Bandara baru nanti. Namun, saat ini baru didesain tiga unit yang pengerjaannya akan dilakukan oleh anak perusahaan AP, sementara dua lainnya akan dikerjakan saat pengembangan Bandara berikutnya.

"Nanti AP tinggal bayar sewanya. Harapannya tentu penumpang tidak perlu keluar ruangan dan naik turun pesawat tak perlu menggunakan tangga bantuan," tandas Ketut. (tribunjateng/cetak/pow)

Penulis: ponco wiyono
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help