TribunJateng/

Mulai Bulan Ini, Setiap Anggota DPRD Kota Salatiga Dapat Tunjangan Transportasi Rp 8,25 Juta

Bulan ini, setiap wakil rakyat di DPRD Kota Salatiga mendapat tunjangan transportasi Rp 8,25 juta.

Mulai Bulan Ini, Setiap Anggota DPRD Kota Salatiga Dapat Tunjangan Transportasi Rp 8,25 Juta
tribunjateng/dok
ilustrasi kendaraan dinas. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Deni Setiawan

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Tim Standarisasi Pemkot Salatiga telah rampung membahas besaran tunjangan transportasi bagi anggota DPRD Kota Salatiga. Bulan ini, setiap wakil rakyat di DPRD Kota Salatiga mendapat tunjangan transportasi Rp 8,25 juta.

“Sudah ditetapkan dan segera diterbitkan Peraturan Wali Kota (Perwali) Salatiga tentang Tunjangan Transportasi Anggota DPRD Kota Salatiga itu. Tunjangan itu berlaku mulai bulan ini. Besarannya Rp 8,25 juta atau lebih sedikit Rp 375 ribu dari usulan Rp 8,625 juta,” kata Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Salatiga Y Tri Priyo Nugroho.

Kepada Tribunjateng.com, Kamis (12/10/2017), dia mengutarakan, penyusunan dan penetapan besaran tunjangan transportasi tersebut disesuaikan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18 Tahun 2017 tentang Hak Kedudukan Keuangan dan Administrasi Pimpinan serta Anggota DPRD.

(Baca: Mobil Dinas Anggota DPRD Salatiga Belum Dikembalikan ke Negara, Ternyata Ini Alasannya)

“Dalam aturan itu, seluruh mobil dinas yang selama ini dipinjamkan kepada para anggota dewan sebagai kendaraan operasional harus dikembalikan kepada negara. Dan sebagai penggantinya, mereka bakal memperoleeh dana tunjangan di tiap bulan,” jelasnya.

Meski mulai diterapkan Oktober, Tri mengatakan, tunjangan tersebut baru cair mulai November nanti.

“Jadi, November nanti, pembayaran tunjangan transportasi anggota dewan dirapel. Setiap anggota menerima Rp 16,5 juta untuk dua bulan, Oktober dan November. Anggota dewan ini, bukan termasuk unsur pimpinan DPRD Kota Salatiga,” jelasnya.

Lantaran tunjangan transportasi telah ditetapkan, Tri berharap, wakil rakyat mengembalikan mobil dinas yang masih dibawa. Berdasarkaan data, ada 22 mobil dinas yang digunakan.

“Bulan ini juga seluruh kendaraan harus dikembalikan ke negara melalui Bagian Aset Setda Kota Salatiga,” jelasnya.

(Baca: Wah, Wali Kota Salatiga Bakal Punya Mobil Dinas Baru Senilai Rp 600 Juta)

Terpisah, dalam keterangan singkatnya Kabag Umum Sekretariat DPRD Kota Salatiga Siti Nur Sholihah menyampaikan, secara bertahap, kendaraan dinas yang selama ini dipinjam dan digunakan anggota dewan dikembalikan.

“Kami sudah inventarisir. Dan sebagian besar sudah dikembalikan. Dalam waktu dekat, seluruhnya dikembalikan dan kami serahkan ke Bagian Aset Setda Kota Salatiga,” jelasnya. (*)

Penulis: deni setiawan
Editor: rika irawati
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help