TribunJateng/

 Rencana Pembangunan Pabrik Garam di Pati Bakal Molor

Rencana pembangunan pabrik garam kapasitas besar di Desa Raci, Kecamatan Batangan, Kabupaten Pati, diperkirakan molor

 Rencana Pembangunan Pabrik Garam di Pati Bakal Molor
Tribun Jateng/Rifqi Gozali
Seorang petani garam Kedung, Kabupaten Jepara sedang mengumpulkan garam di tengah tambak untuk dipanen, Jumat (11/8/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Nur Huda

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Rencana pembangunan pabrik garam kapasitas besar di Desa Raci, Kecamatan Batangan, Kabupaten Pati, diperkirakan molor.

Pasalnya, peletakan batu pertama yang sebelumnya ditarget Oktober 2017 ini, ternyata masih terkendala persoalan lahan.

Sekretaris Daerah Provinsi Jateng, Sri Puryono mengatakan, secara teknis berupa penyiapan dokumen studi kelayakan atau feasibility study (FS) dan Detail Engineering Design (DED) rencana pembangunan pabrik garam telah tuntas.

Bahkan Badan Penelitian dan Pengembangan Teknologi (BPPT) selaku penyedia teknologi juga telah siap.

"Kalau secara teknis sebenarnya dari pihak BPPT sudah siap, kita hanya persoalan pada penyediaan lahan, sedang kita rintis dengan Pemkab Rembang, kalau penyediaan lahan untuk penampungan hamparan bahan baku garam itu sudah ada, saya kira nggak ada masalah," Jumat (13/10/2017).

Maka, pekan depan, dirinya akan terjun langsung ke Pati untuk memastikan kesiapan rencana pembangunan pabrik garam tersebut. Jika memang tidak siap, maka akan dipindahkan ke kabupaten lain.

"Minggu depan ini saya akan pastikan ke sana. Sanggup apa tidak, kalau tidak sanggup mau saya geser saja," katanya.

Ia mengaku, tak memiliki target kapan akan dimulainya pembangunan, mengingat pemkab setempat masih berupaya mengondisikan kesiapan masyarakat setempat. Padahal, sosialisasi terkat rencana pembangunannya sudah dilakukan.

"Di kabupaten sendiri kita masih mengondisikan ini ke masyarakaatnya, bahwa untuk mengikhlaskan lahannya dipakai untuk produksi garam ini kok belum yakin, padahal sudah kita berikan sosialisasi," kata Puryono.

Halaman
12
Penulis: m nur huda
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help