TribunJateng/

Pattiro Sebut Layanan Informasi bagi Publik Lewat Website Pemprov Jateng Sangat Terbuka

Pattiro Kota Semarang menilai, keterbukaan informasi publik yang ditampilkan Setda Provinsi Jateng melalui website sudah terbuka.

Pattiro Sebut Layanan Informasi bagi Publik Lewat Website Pemprov Jateng Sangat Terbuka
Screencap jatengprov.go.id
Tampilan laman Open Data di website jatengprov.go.id yang bisa diakses publik. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Nur Huda

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Pusat Telaah dan Informasi Regional (Pattiro) Kota Semarang menilai, keterbukaan informasi publik yang ditampilkan Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Jateng melalui website sudah sangat terbuka.

Dibandingkan kabupaten/kota dan provinsi lain, menurut Direktur Pattiro Kota Semarang, Widi Nugroho, Pemprov Jateng menjadi leading dalam hal keterbukaan publik.

Sejumlah indikator yang dapat dijadikan kesimpulannya di antaranya, kemudahan publik dalam mendapatkan informasi mengenai layanan prosedur yang diselenggarakan pemprov. Mulai dari dasar standar operasional prosedur (SOP) pelayanan serta lama pelayanan.

(Baca: Pattiro: Pecat Pegawai yang Tersandung Korupsi Proyek Tanjung Emas)

Standar layanan informasi yang diberikan Setda Pemprov Jateng dalam layanan informasi pun bagus. Informasi yang diberikan ke masyarakat juga lengkap. Pemprov Jateng selalu mengunggah data-data baru.

"Dibandingkan daerah lain, Pemprov Jateng menjadi leading," katanya saat ditemui di komplek kantor Gubernur Jateng, di sela melakukan kegiatan visitasi keterbukaan informasi publik di lingkungan Setda Pemprov Jateng, Senin (16/10/2017).

Ia mengungkapkan, sejauh ini, dari hasil penilaian sementara Komisi Informasi Publik (KIP), Setda Pemprov Jateng memeroleh poin tinggi meski awal tahun lalu baru ada penyesuaian Struktur Organisasi Tata Kerja (SOTK).

"Pergerakannya sangat cepat. Tinggal bagaimana kembali merapikan sesuai standar layanan yang sudah diatur dalam Peraturan Komisi Informasi dan Masyarakat," tegasnya.

Dari sejumlah indikator yang membuatnya sangat mengapresiasi adalah adanya open data. Seluruh informasi dari biro dan dinas di lingkup Setda Pemprov Jateng, bisa diakses dalam satu portal. Tidak berpencar seperti yang masih dilakukan pemerintah daerah lain.

Halaman
12
Penulis: m nur huda
Editor: rika irawati
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help