Tak Pernah Buka Email, Penjual di Sadewa Market Abaikan Konsumen

Tapi, ada yang nggak pernah buka emailnya jadi nggak tahu ada pesanan menumpuk di emailnya," jelas Ema, Selasa (17/10/2017).

Tak Pernah Buka Email, Penjual di Sadewa Market Abaikan Konsumen
Tampilan Sadewa Market di kategori Belanja 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Raka F Pujangga

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Tengah terus mendorong Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merambah dunia digital untuk memperluas pasar. Satu di antaranya, lewat penyediaan marketplace Sadewa Market di sadewamarket.cyberumkm.com.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Tengah, Ema Rachmawati, mengatakan, tak mudah mengajak pelaku UMKM memanfaatkan media digital dalam pemasaran. Apalagi, bagi mereka yang belum mengenal internet.

Padahal, pihaknya telah memberikan pendampingan kepada mereka. "Sudah diajarkan cara memasukkan (foto) produk ke Sadewa Market, yang belum punya email kami buatkan. Tapi, ada yang nggak pernah buka emailnya jadi nggak tahu ada pesanan menumpuk di emailnya," jelas dia, Selasa (17/10/2017).

"Memang, untuk mengembangkan UMKM ini butuh effort yang lebih. ‎Kami ingin 90 persen usaha mikro kecil di Jateng yang jumlahnya sekitar 4,59 juta bisa naik kelas," ucap dia.

(Baca: Ingin Tahu Produk UMKM Jawa Tengah? Aplikasi Sadewa Market Sudah Diluncurkan)

Saat ini, sedikitnya 200 UMKM sudah mendaftarkan ke Sadewa Market. Namun, dari jumlah itu, hanya 44 yang aktif.

UMKM yang mendominasi di Sadewa Market terdiri dari kerajinan, batik, dan makanan.

"Hanya 44 UMKM yang aktif. Sisanya, nggak pernah memperbarui produknya, dan tidak pernah buka email. Jadi, nggak tahu kalau ada pesanan," jelas dia.

Sejak dua pekan terakhir, pihaknya mengaku telah menyiapkan virtual account untuk pembayaran produk dengan menggandeng BNI. Sedangkan untuk bank lokal, pihaknya bekerjasama dengan Bank Jateng.

"‎Transaksi belum banyak karena masih dua minggu ini dibuat. Kami bekerjasama dengan BNI yang sudah siap secara sistem untuk pembayaran kreditnya, sedangkan bank lokalnya bersama Bank Jateng," jelasnya. (*)

Penulis: raka f pujangga
Editor: rika irawati
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved