TribunJateng/
Home »

Jawa

Pemilu 2019

Ada 13 Partai Calon Peserta Pemilu 2019 yang Serahkam Berkas di KPU Salatiga

Divisi Hukum Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Salatiga Suryanto ada 13 partai politik yang menyerahkan berkas dan menerima bukti penerimaan

Ada 13 Partai Calon Peserta Pemilu 2019 yang Serahkam Berkas di KPU Salatiga
tribunjateng/deni setiawan
KPU Salatiga bersama Forkopinda gelar rapat koordinasi kesiapan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Salatiga Tahun 2017 di Aula Pertemuan Kayu Arum Resort Salatiga, Rabu (8/2/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Deni Setiawan

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Divisi Hukum Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Salatiga Suryanto ada 13 partai politik yang menyerahkan berkas dan menerima bukti penerimaan.

“Jika mengacu data di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Salatiga ada 16 partai. Rincinya adalah 12 partai peserta Pemilu Tahun 2014 dan 4 partai baru. Tetapi dari pelaksanaan tahapan yang telah dilalui, hanya 13 partai,” jelas Suryanto.

Kepada Tribunjateng,com, Rabu (18/10/2017), dia merinci 13 parpol adalah 10 partai yang merupakan peserta Pemilu 2014 dan tiga partai baru atau sebagai calon peserta dalam Pemilu 2019 mendatang.

Baca: Hanya Tiga Parpol yang Dapat Tanda Terima Pendaftaran dari KPU Kabupaten Semarang

“Partai yang terakhir menyerahkan berkas kepada kami yakni Partai Garuda pada Selasa (17/10/2017) siang. Yang pertama kali adalah Partai Perindo pada Senin (9/10/2017) lalu. Untuk partai calon peserta Pemilu 2019 yang resmi telah serahkan berkas yakni Partai Perindo, Partai Berkarya, dan Partai Garuda,” terangnya.

Sementara, lanjut Suryanto, Partai Idaman yang sebenarnya ketika itu hendak turut berlaga, bahkan dalam sosialisasi Tata Cara Pendaftaran, Verifikasi, serta Penetapan Parpol Calon Peserta Pemilu 2019 pada Senin (2/10/2017) lalu pun hadir, hingga penutupan tidak serahkan berkas.

Baca: Penghuni Setiabudi Square Takut Tower di Atas Bangunan Roboh

“Perwakilan pengurus dari Partai Idaman sempat datang ke kantor kami. Tetapi bukan dalam rangka menyerahkan berkas, hanya berkonsultasi. Dan di masa penutupan tahapan pendaftaran, tidak jadi mendaftar. Alasannya apa, kami tidak tahu. Itu keputusan internal partai,” ucapnya.

Secara umum, tambahnya, masa tahapan pendaftaran parpol telah ditutup.

Dalam pelaksanaannya, KPU menerapkannya secara sentralistik.

Baca: Siswa SD Hj. Isriati Baiturrahman 1 Kedatangan Bule Prancis, Ini yang Dilakukannya

Maksudnya adalah DPP atau sebutan lain partai politik mendaftar di KPU RI.

“Apabila partai tersebut sudah mendaftarkan diri di KPU RI, tetapi yang di tingkat kabupaten/kota belum menyerahkan dokumen persyaratan, kebijakan lain adalah partai bersangkutan bisa menyerahkannya hingga Selasa (17/10/2017). Dan di masa itu, sudah kami tutup pada pukul 24.00,” ungkap Suryanto. (*)

Penulis: deni setiawan
Editor: bakti buwono budiasto
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help