Sweet Home

Duh Sejuknya Rumah dr Darwito, Ada Joglo Musala Kolam dan Taman (Video)

Duh Sejuknya Rumah dr Darwito, Ada Joglo Musala Kolam dan Taman serta pepohonan yang rindang

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Udara terasa sejuk keluar masuk dari berbagai arah saat duduk santai di teras rumah dr Darwito ahli bedah dari RSUP dr Kariadi yang juga Direktur Medik. Iya, rumah yang berada di Jalan Waru Timur Raya, Pedalangan, Banyumanik, Semarang itu tampak njawani dan kokoh relung kayu joglo lengkap dengan gebyok di pintu rumah.

Rumah yang dihuni sejak 15 tahun yang lalu itu merupakan hasil gagasan sang istri Darwito, Titing Istiyah. Titing berpendapat dirinya hanya ingin membuat rumahnya senyaman mungkin untuk ditinggali.

Rumah dr Darwito ahli bedah dari RSUP dr Kariadi yang juga Direktur Medik. Beralamat di Jalan Waru Timur Raya Pedalangan, Banyumanik.
Rumah dr Darwito ahli bedah dari RSUP dr Kariadi yang juga Direktur Medik. Beralamat di Jalan Waru Timur Raya Pedalangan, Banyumanik. (tribunjateng/faisal affan)

"Saya tidak pernah menempuh pendidikan arsitektur. Saya hanya ingin membuat rumah yang nyaman untuk keluarga. Maka dahulu, hanya rumah minimalis ini yang ada, belum ada teras dan joglonya. Sekarang di belakang rumah juga sudah ada satu joglo untuk musala," tutur istri Darwito kepada Tribunjateng.com, Senin 2 Oktober 2017.

Setiap bagian yang ada di dalam rumah, mempunyai cerita tersendiri dalam membuatnya. Pengalaman perjalanan Darwito bersama istri, kerap dituangkan dalam konsep hunian yang sejuk itu.

Menilik ke dalam bagian rumah, seketika langsung disambut dengan beberapa tatanan keris dan mata tombak, yang berdekatan dengan pintu masuk. Demi menambah kesan etniknya, Titing menggunakan meja yang terbuat dari akar kayu jati yang sudah dipolitur, untuk menempatkan keris dan mata tombak tersebut. Lebih ke dalam lagi, juga terdapat meja yang terbuat dari akar kayu, yang digunakan untuk meletakkan beberapa fosil batu.

Rumah dr Darwito ahli bedah dari RSUP dr Kariadi yang juga Direktur Medik. Beralamat di Jalan Waru Timur Raya nomor 12, Pedalangan, Banyumanik.
Rumah dr Darwito ahli bedah dari RSUP dr Kariadi yang juga Direktur Medik. Beralamat di Jalan Waru Timur Raya nomor 12, Pedalangan, Banyumanik. (tribunjateng/faisal affan)

"Saya tidak pernah meluangkan waktu khusus untuk berburu benda-benda seperti ini. Hanya saat bepergian menemani Bapak (Darwito) untuk menghadiri acara-acara seminar di luar kota. Bapak kan sekarang sudah jadi Direktur Medik dan Keperawatan RS Kariadi. Jadi banyak diundang jadi pembicara," terangnya.

Wanita yang hobi bernyanyi ini, paling suka menggunakan waktu luangnya untuk menata pot-pot bunga dan tanaman lain. Rasa-rasanya ia tak ingin ada satupun tanaman yang dirawatnya mulai rusak atau mati.

Ratusan keris terpajang rapi di sebuah rumahnya. Dr Darwito punya koleksi mencapai 450 buah keris. Ada yang berasal dari zaman Majapahit hingga keris zaman kemerdekaan. Koleksi kerisnya pun berasal dari berbagai wilayah Nusantara. (tribunjateng/affan/bbb/sofri)

Penulis: faisal affan
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help