TribunJateng/
Home »

Jawa

Terima Rp 200 Juta dari Para Korban, Begini Akhir Pelarian Wanita yang Mengaku Keponakan Kapolri

Dalam aksinya, Titin menjanjikan jalur khusus kepada para korban agar diterima dalam seleksi bintara dan tamtama Polri 2016 lalu.

Terima Rp 200 Juta dari Para Korban, Begini Akhir Pelarian Wanita yang Mengaku Keponakan Kapolri
Titin Hendiko (Dok Humas Polda Jateng) 

TRIBUNJATENG.COM, PURBALINGGA - Seorang wanita paruh baya bernama Titin Hendiko (42) mengaku sebagai keponakan dari Kapolri Jenderal (pol) Tito Karnavian. Ia menipu sejumlah calon pendaftar anggota Polri.

Dalam aksinya, Titin menjanjikan jalur khusus kepada para korban agar diterima dalam seleksi bintara dan tamtama Polri 2016 lalu.

Kepala Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Polres Purbalingga, Ajun Komisaris Tarjono Sapto Nugroho mengatakan, hingga kini pihaknya baru memastikan empat korban. Semua korban berasal dari Purbalingga. Rata-rata mereka menyetor sekitar Rp 200 juta kepada wanita tersebut.

“Pelaku mengelabui korban lewat cara mengaku sebagai keponakan Kapolri dan menjanjikan anak korban lolos tahapan seleksi. Korban percaya karena penampilan dan gaya bicaranya. Pelaku juga bercerita tentang sosok Kapolri dan menunjukkan foto Kapolri,” katanya.

(Baca: Mengaku Ponakan Kapolri, Perempuan Ini Raup Rp 1,7 Miliar)

Setelah mentransfer sejumlah uang, pelaku memberikan kabar palsu jika anak mereka telah diterima dan diberangkatkan ke Semarang.

Alih-alih menjalani proses pendidikan Polri, anak mereka yang rata-rata baru lulus SMA itu justru disuruh tinggal di kos dan kontrakan.

“Pelaku bergerak sendiri, selama ini menyebar jaring hanya dari mulut ke mulut. Pelaku juga hidup nomaden, berpindah-berpindah kos dan apartemen untuk menghindari korban dan aparat sehingga sulit dilacak,” bebernya.

Petualangan Titin akhirnya berakhir. Minggu (29/10/2017), polisi mendapat celah menjebak pelaku saat akan membuat janji dengan seorang calon korban di Banyumas. Namun, dengan kejeliannya, pelaku mengetahui keterlibatan polisi dan membatalkan janji.

“Pelaku berupaya kabur ke Jakarta dan berhasil kami hentikan di Jalan Raya Ajibarang, Banyumas, sekitar pukul 18.00 WIB,” jelasnya.

(Baca: Tabungan Darsun Rp 160 Juta selama Jadi PNS Lenyap Disetor ke Wanita yang Mengaku Keponakan Kapolri)

Saat ditangkap, pelaku mengendarai mobil sewaan Toyota Harrier bernomor polisi D-1177-AS. Dari dalam mobil, polisi mengamankan barang bukti berupa uang tunai Rp 29 juta, slip transaksi, dan bukti transfer dari sejumlah bank.

“Saat ini, pelaku kami tahan di Mapolres Purbalingga untuk menjalani proses penyelidikan. Pelaku diancam Pasal 378 KUHP tentang Penipuan dengan ancaman hukuman di atas 5 tahun penjara,” tegasnya. (Kompas.com)

Berita ini sudah tayang di Kompas.com, Senin (30/10/2017), dengan judul: Mengaku Keponakan Kapolri, Wanita ini Tipu Calon Peserta Seleksi Polri

Editor: rika irawati
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help