musim penghujan

Posko BPBD Banjarnegara Buka 24 Jam hingga 15 Januari 2018

Pemerintah Kabupaten Banjarnegara menetapkan masa siaga darurat tanah longsor, angin kencang dan banjir di Banjarnegara.

Posko BPBD Banjarnegara Buka 24 Jam hingga 15 Januari 2018
tribunjateng/khoirul muzaki/IST
Rumah warga di desa Pegundungan Pejawaran Banjarnegara tertimpa longsor 

Laporan Wartawan Tribun Jateng Khoirul Muzakki

TRIBUNJATENG.COM, BANYUMAS - Pemerintah Kabupaten Banjarnegara menetapkan masa siaga darurat tanah longsor, angin kencang dan banjir di wilayah Kabupaten Banjarnegara.

Penetapan itu disahkan melalui Surat Keputusan Bupati Banjarnegara No. 360/862/2017 tentang penetapan siaga darurat ranah longsor, angin kencang, dan banjir di wilayah Kabupaten Banjarnegara.

Masa ini berlaku sejak SK ini disahkan pada 18 Oktober hingga 15 Januari 2018 mendatang.

material longsor di rumah Sumarto di desa Pegundungan Pejawaran belum dievakuasi karena menunggu alat berat
material longsor di rumah Sumarto di desa Pegundungan Pejawaran belum dievakuasi karena menunggu alat berat (ISTIMEWA)

Kepala BPBD Banjarnegara Arif Rachman mengatakan, pemberlakuan masa siaga darurat bencana ini mempertimbangkan adanya laporan Badan Meteorologi dan Klimatologi Geologi (BMKG) tentang prakiraan curah hujan yang tinggi pada bulan Oktober hingga Desember 2017.

Sementara pada kenyataannya hingga bulan Oktober 2017 sekarang, intensitas hujan sudah tinggi mengguyur wilayah Kabupaten Banjarnegara.

"Selain itu juga mempertimbangkan sejumlah kejadian bencana yang telah terjadi akibat curah hujan tinggi ini," katanya, Rabu (1/11).

Status siaga darurat ini berlaku di semua wilayah tanpa kecuali, baik di zona merah atau hijau rawan longsor.

Menurut Arif, penetapan masa siaga darurat ini akan sangat membantu percepatan penanganan bencana di wilayah Banjarnegara.

Penanganan kebencanaan dengan demikian akan jadi prioritas, termasuk dipermudah dalam hal penganggaran.

"Kalau ada kejadian yang harus segera ditangani bisa menggunakan dana pemerintah. Pakai dana khusus darurat APBN dan APBD sepanjang memenuhi ketentuan," katanya.

Selama masa siaga darurat bencana, BPBD Banjarnegara membuka Posko Kebencanaan di kantor BPBD 24 jam penuh tanpa hari libur.

Pembukaan Posko ini untuk mempermudah koordinasi dan mempercepat penanganan jika sewaktu-waktu terjadi bencana di wilayah tertentu. (*)

Penulis: khoirul muzaki
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved