musim penghujan

RUMAH Diangkat Dijauhkan dari Lokasi Longsor di Cilacap, yang Lain Masih Terendam

Rumah kayu itu dipindah ke tempat aman dengan cara dipikul secara gotong royong, menjauhi lokasi longsor

RUMAH Diangkat Dijauhkan dari Lokasi Longsor di Cilacap, yang Lain Masih Terendam
tribunjateng/khoirul muzaki/BPBD Cilacap
ANGKAT RUMAH - Sejumlah warga dibantu TNI Polri gotong-royong mengangkat rumah demi menghindari lokasi longsor. Terlah terjadi longsor di desa Jeruklegi Wetan Kabupaten Cilacap, akhir Oktober 2017 setelah diguyur hujan lebat. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng Khoirul Muzakki

TRIBUNJATENG.COM, CILACAP - Sejumlah warga bersama TNI dan Polri gotong-royong mengangkat rumah demi menghindari lokasi longsor. Gotong-royong tersebut dilakukan bersama warga setempat mengangkat rumah kayu yang terancam longsor.

Di lokasi itu telah terjadi longsor di desa Jeruklegi Wetan Kabupaten Cilacap, akhir Oktober 2017 setelah diguyur hujan lebat.

Rumah yang diangkat berukuran cukup besar menggunakan konstruksi kayu dan dinding papan. Genteng atau atap telah diturunkan untuk mengurangi beban. Sedangkan rangkaian kayu papan dan bambu masih dipertahankan.

Ada sekitar 20 anggota Polres Cilacap dan TNI bersama warga dan relawan mengevakuasi rumah Siti Fatimah (39), warga dusun Wanasri Rt 01 Rw 06 Desa Jeruklegi Wetan Kabupaten Cilacap.

Di Desa Rawajaya Kecamatan Bantarsari, sungai Cimeneng meluap hingga menggenangi sekitar 200 rumah warga.
Di Desa Rawajaya Kecamatan Bantarsari, sungai Cimeneng meluap hingga menggenangi sekitar 200 rumah warga. (tribunjateng/khoirul muzaki/BDBD Cilacap)

Kondisi rumah ini mengkhawatirkan karena posisi bangunan telah bergeser hingga 10 meter ke depan, dampak langsung tanah bergerak.

Rumah kayu itu dipindah ke tempat aman dengan cara dipikul secara gotong royong. Sementara penghuni rumah telah diungsikan ke rumah yang aman.

"Dipindahkan rumahnya untuk menghindari agar tidak roboh karena kondisinya sudah mengkhawatirkan," kata Kapolsek Jeruklegi AKP Sugeng Hartono

Hujan lebat mengguyur Kabupaten Cilacap pada Minggu malam (29/10) mengakibatkan banjir di sejumlah wilayah, Senin pagi (30/10).

Setidaknya terdapat tiga titik banjir di tiga kecamatan berbeda yang mengakibatkan ratusan rumah warga terendam.

Halaman
123
Penulis: khoirul muzaki
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved