TribunJateng/
Home »

Techno

» News

Simpel, namun Alat Temuan 5 Siswa SMK di Brebes Ini Jadi Juara Nasional. Ini Keistimewaannya

Alat inovasi siswa itu dipasang baik di helm maupun di sepeda motor. Alat itu terkoneksi satu sama lain

Simpel, namun Alat Temuan 5 Siswa SMK di Brebes Ini Jadi Juara Nasional. Ini Keistimewaannya
Tribun Jateng/Mamdukh Adi Priyanto
Lima pelajar asal SMK Negeri 1 Bulakamba Kabupaten Brebes berhasil menciptakan alat yang dipasang di helm untuk menunjang keselamatan berkendara bagi pemotor. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Mamdukh Adi Priyanto

TRIBUNJATENG.COM,BREBES - Lima pelajar asal SMK Negeri 1 Bulakamba Kabupaten Brebes berhasil menciptakan alat yang dipasang di helm untuk menunjang keselamatan berkendara bagi pemotor.

Alat inovasi siswa itu dipasang baik di helm maupun di sepeda motor. Alat itu terkoneksi satu sama lain.

Sepeda motor tidak bisa nyala dan mengeluarkan bunyi keras kalau helm belum dipakai dan di-klik saat sepeda motor sudah on.

Bica juga berguna untuk mencegah pencurian. Meskipun ada kunci motor, namun helm belum di-klik, mesin motor tidak bisa nyala karena alat di helm dan motor terkoneksi.

Alat itu berhasil memboyong piala juara dua nasional Astra Road Safety Challenge yang digelar PT Astra Motor Indonesia di Medan, Sumatera Utara pada 22-23 September 2017 lalu.

Kelima siswa itu, yakni Toni Kuncoro, Maulana Azis (17), Dimas Kumaedi (17), Diana Sulistiani (17) dan Ari Saefuloh (17).

Komponen yang ada antara lain modul receiver atau komponen penerima sinyal, modul transmiter atau pengirim sinyal, alarm dan relay.

"Relay itu lah yang mengatur kapan mesin motor menyala atau mati," kata seorang siswa, Maulana Aziz, Jumat (3/11/2017).

Dia bersama rekan- rekannya berharap, alat inovasi itu dapat dikembangkan dalam skala besar oleh produsen sepeda motor Astra Honda Motor yang saat ini sebagai pihak yang membina mereka.

Halaman
12
Penulis: mamdukh adi priyanto
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help