TribunJateng/

Biar Tidak Bernasib Seperti Hanna Anisa, Facebook Bisa Bantu Cegah, Tapi Ini Syaratnya

Facebook diisukan menawarkan solusi agar tidak mau foto pribadinya tersebar

Biar Tidak Bernasib Seperti Hanna Anisa, Facebook Bisa Bantu Cegah, Tapi Ini Syaratnya
Hanna Annisa 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Suci Rahayu

TRIBUNJATENG.COM - Belakangan dunia maya sedang dihebohkan dengan kasus tersebarnya video mesum seorang mahasiswi yang diduga disebarkan oleh mantan kekasihnya.

Tersebarnya foto atau video yang seharusnya menjadi rahasia karena keinginan balas dendam mantan kekasih memiliki istilah 'revenge porn'.

Istilah ini datang dari Amerika Serikat karena banyak kasus foto atau video rahasia yang disebarkan oleh mantan kekasih yang kesal.

Selain tersebarnya video mesum, kasus yang banyak terjadi di Indonesia adalah banyaknya penyalahgunaan foto seseorang sebagai alat penyebar hoax atau berita palsu.

Seperti yang baru-baru ini terjadi adalah digunakannya foto seorang mahasiswi cantik dan pegawai bank yang dijadikan sebagai hoax pegawai Alexis.

Seperti yang dilansir dari situs LA Times, Facebook diisukan menawarkan solusi untuk revenge porn atau kasus serupa lain untuk yang tidak mau foto pribadinya tersebar.

Hal ini mungkin akan terdengar seperti ide yang gila karena agar facebook bisa melindungi fotomu dari hal seperti revenge porn, kamu harus mengirim foto tersebut ke pihak Facebook pusat terlebih dahulu.

Facebook menjamin jika netizen mengirimkan foto yang tidak ingin dilihat oleh siapapun atau foto yang tak ingin disebarkan oleh pihak tak bertanggung jawab maka foto tersebut tidak akan muncul di situs mereka.

Tapi dapatkah kalian percaya dengan ide facebook ini? Facebook menjamin jika foto tersebut tidak akan disimpan, melainkan hanya diproses untuk dibuatkan cetak digital atau digital footprint dari foto tersebut.

Halaman
12
Penulis: Suci Rahayu
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help