TribunJateng/

6.000 Peserta Ikuti BTN Tour de Borobudur, Bersepeda Sambil Menikmati Wisata Alam Jawa Tengah

Tour de Borobudur ini, menurutnya, suatu langkah menyatukan olahraga dan pariwisata

6.000 Peserta Ikuti BTN Tour de Borobudur, Bersepeda Sambil Menikmati Wisata Alam Jawa Tengah
Tribun Jateng/M Zainal Arifin
(Paling depan) Direktur Utama BTN, Maryono, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, dan istrinya, Siti Atikoh, mengikuti ajang BTN Tour de Borobudur ke-XVII. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Zainal Arifin

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Ajang Tour de Borobudur kembali digelar untuk-17 kalinya. Kali ini, event yang disponsori PT Bank Tabungan Negara (BTN) ini mengambil rute Semarang-Magelang dan diikuti 6.000 peserta termasuk Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, beserta istrinya.

Ajang yang digelar tahunan ini dimulai Sabtu-Minggu (11-12/11/2017) dengan start dari halaman Kantor Gubernur Jawa Tengah. Selanjutnya, peserta bersepeda menuju Bendungan Serbaguna Jatibarang.

Ajang ini memberikan tantangan bagi para penggemar olah raga menelusuri jalur Semarang-Magelang sambil menikmati suasana alam yang asri dan kota-kota di Jawa Tengah yang unik. Sembari bersepeda, peserta bisa menikmati wisata alam atau yang kerap disebut sport tourism.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mengatakan, ajang seperti ini perlu digelar secara rutin dengan melewati rute yang banyak destinasi wisatanya. Sehingga, potensi wisata daerah bisa terangkat.

"Tentunya selain meningkatkan kecintaan pada olahraga sepeda, ini juga bisa mengangkat potensi wisata yang ada. Karena peserta akan menyaksikan secara langsung keindahan alam khususnya di Jawa Tengah ini," kata Ganjar, sesaat sebelum memulai Tour de Borobudur, Sabtu (11/11/2017).

Tour de Borobudur ini, menurutnya, suatu langkah menyatukan olahraga dan pariwisata. Melalui ajang ini, pihaknya mendorong agar jumlah wisatawan ke Jawa Tengah semakin meningkat. Karena ajang ini diikuti tidak hanya dari warga Hawa Tengah saja tetapi nasional bahkan mancanegara.

Ditanya mengenai jalur yang ditempuh peserta Tour de Borobudur, Ganjar mengatakan, kali ini rutenya lebih berat dibanding periode tahun lalu. Pasalnya, banyak jalan tanjakan dan turunan yang dilalui sehingga akan menguras tenaga.

"Kali ini jelas lebih berat rutenya. Banyak tanjakan yang dilalui. Pengalaman tahun lalu, badan saya pegal semua. Apalagi yang kali ini, pokoke lebih pegal," kelakarnya.

Meski demikian, Ganjar yang mengikuti Tour de Borobudur bersama Atikoh, istrinya, mengaku sudah melakukan persiapan sebelumnya. Di antaranya melakukan latihan beberapa hari sebelum pelaksanaan.

Halaman
12
Penulis: m zaenal arifin
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help