Musim Penghujan

BPBD Kendal Sudah Siaga Posko Bencana 24 Jam

BPBD Kabupaten Kendal telah mendirikan posko siaga bencana buka 24 jam di kantor BPBD

BPBD Kendal Sudah Siaga Posko Bencana 24 Jam
TRIBUNJATENG/DHIAN ADI PUTRANTO
BPBD Kabupaten Kendal telah mendirikan posko siaga bencana buka 24 jam di kantor BPBD 

Laporan wartawan Tribun Jateng Dhian Adi Putranto

TRIBUN JATENG.COM, KENDAL - Meski baru memasuki musim penghujan, BPBD kabupaten Kendal sudah menetapkan status siaga bencana banjir dan longsor untuk kabupaten Kendal.

Status siaga ini sudah ditetapkan sejak tanggal 1 November 2017.

Dari data yang diperoleh Tribunjateng.com dalam sepekan terakhir sudah terjadi hujan lebat dan angin kencang.

Kasie Kedaruratan dan Logistik BPBD kabupaten Kendal, Slamet menjelaskan lima kejadian tersebut terjadi pada waktu bersamaan. Ia menyebutkan akibat bencana itu satu rumah rusak berat, pohon-pohon tumbang dan beberapa rumah rusak ringan.

"Lokasinya di desa Margomulyo, desa Wonotenggang, desa Sukodadi, desa Rowosari, dan desa Pucangrejo," ujarnya, Senin (13/11).

Selain angin kencang, juga terjadi longsor yang di ruas jalan Sukorejo - Plantungan tepatnya di desa Ngadiwarno. Akibat longsor itu sebagian ruas jalan tertutup tanah.

Ia menyebutkan intensitas hujan akan terus meningkat sampai bulan-bulan selanjutnya. Sedangkan Puncak musim penghujan akan jatuh pada bulan Januari.

"Apabila hujan terjadi lebih dari tiga jam maka bisa berpotensi terjadinya bencana longsor," ujarnya.

Selain itu pihak BPBD juga telah mengantisipasi terjadinya bencana selanjutnya, di antaranya BPBD telah mendirikan posko siaga bencana di kantor BPBD. Posko tersebut dibuka selama 24 jam.

"Selain itu kami telah menyiapkan logistik seperti kebutuhan bahan pokok serta pakaian apabila terjadi bencana kami sudah siap," ujarnya.

Dia juga menghimbau masyarakat agar memotong ranting pohon yanh telah rimbun agar tidak roboh saat angin kencang melanda. (*)

Penulis: Dhian Adi Putranto
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved