TribunJateng/

FOCUS

Akhir Sebuah Musim

Kompetisi tertinggi sepakbola nasional musim ini telah berakhir. Bernama resmi Gojek Traveloka Liga 1, kejuaraan antarklub profesional itu

Akhir Sebuah Musim
tribunjateng/cetak/grafis bram kusuma
Abduh Imanulhaq atau Aim wartawan Tribun Jateng 

TRIBUNJATENG.COM - Kompetisi tertinggi sepakbola nasional musim ini telah berakhir. Bernama resmi Gojek Traveloka Liga 1, kejuaraan antarklub profesional itu menghasilkan Bhayangkara FC sebagai kampiun.

Perolehan nilai tim milik kepolisian tersebut sama dengan Bali United di urutan kedua. Bhayangkara FC yang berhak menjadi juara berkat keunggulan head to head atas rival terberatnya.

Sayang, tak sedikit yang menyebut hasil Liga 1 sebagai drama. Tak kurang pula yang menganggapnya sebagai sesuatu yang hambar.

Pangkalnya adalah putusan Komisi Disiplin PSSI yang menyatakan Bhayangkara FC menang WO atas Mitra Kukar. Di atas lapangan pada 3 November lalu, kita tahu pertandingan yang menentukan itu berakhir imbang.

Mitra Kukar kemudian diputuskan bersalah karena menurunkan pemain yang tengah menjalani larangan bertanding. Manajemen tim asal Kalimantan Timur itu berusaha membela diri tapi nyata bahwa mereka teledor.

Tak heran jika sebagian publik bola Tanah Air menganggap Bali United adalah juara sesungguhnya. Di media sosial, kita tahu yang menyayangkan kegagalan klub asal Bali itu tak hanya masyarakat Bali.

Di luar kegaduhan itu, kampiun musim ini sebenarnya konsisten bermain apik. Sebagai kuda hitam, performa Bhayangkara FC relatif stabil.

Padahal mayoritas pemainnya berusia muda. Daftar bintang pun minim jika merujuk nama yang pernah membela timnas senior.

Ekspatriat atau pemain asing yang dikontrak tak juga berharga mahal. Bandingkan dengan Persib Bandung yang menggunakan jasa Michael Essien, eks-bintang Real Madrid dan AC Milan.

Kondisi Bali United sebagai runner up tidak jauh berbeda. Mayoritas personelnya muda, minim bintang, dan tidak jor-joran dalam mengontrak ekspatriat.

Halaman
12
Penulis: abduh imanulhaq
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help