musim penghujan

Data Perjalanan Kereta Api yang Terganggu Akibat Rel Terendam Banjir di Porong

Data Perjalanan rute Kereta Api yang Terganggu Akibat Rel Terendam Banjir di Porong Jatim

Data Perjalanan Kereta Api yang Terganggu Akibat Rel Terendam Banjir di Porong
surabaya.tribunnews.com
Data Perjalanan Kereta Api yang Terganggu Akibat Rel Terendam Banjir di Porong 

Laporan Wartawan Tribun Jateng Khoirul Muzakki

TRIBUNJATENG COM, BANYUMAS - Perjalanan kereta api kembali terganggu akibat bencama alam. Hujan berintensitas tinggi pada Minggu (26/11), mengakibatkan petak jalan Tanggulangin-Porong Sidoarjo Jatim tergenang air.

Akibatnya, jalur rel antara Tanggulangin-Porong tidak dapat dilewati oleh kereta api.
Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto Ixfan Hendriwintoko mengatakan, akibat bencana itu, beberapa KA yang melewati jalur tersebut terhambat perjalanannya dan tertahan di stasiun.

"Karena tidak tidak bisa melewati jalur tersebut, sehingga PT KAI Daop 8 Surabaya terpaksa mengalihkan perjalanan penumpang menggunakan bus," katanya, Senin (27/11).

Beberapa perjalanan KA dari arah Malang tujuan Jakarta atau Bandung yang melewati Surabaya juga harus memutar ke arah Blitar, Kediri, dan Kertosono.

Beberapa perjalanan KA yang melewati jalur tersebut bahkan mengalami pembatalan sehingga KAI mengembalikan 100 persen bea perjalanan kepada penumpang yang membatalkan tiketnya.

Untuk mengatasi gangguan perjalanan ini, kata Ixfan, pihak PT KAI Daop 8 Surabaya telah melakukan upaya normalisasi jalur selama 1x24 jam sejak kejadian dengan meninggikan rel menggunakan Multi Tie Tamper (MTT) dan penambahan batu balas.

Namun, hingga saat ini jalur tetap belum bisa dilewati KA karena ketinggian air hingga hari ini, Senin (27/11) masih mencapai 29 cm di atas kop rel.

Guna melayani perjalanan penumpang hari ini, Senin (27/11), PT KAI menetapkan skenario operasi perjalanan KA meliputi,

KA Bima relasi Kertosono-Surabaya Gubeng-Malang dibatalkan, dan sebagai gantinya dijalankan KLB relasi Kertosono-Blitar-Malang.

Halaman
12
Penulis: khoirul muzaki
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved