TribunJateng/

Gunung Agung Meletus

Penerbangan dari Bandara Ahmad Yani Semarang ke Ngurah Rai Bali Sudah Dibuka

PT Angkasa Pura I telah membuka kembali rute penerbangan dari Bandara Ahmad Yani menuju Bandara Ngurah Rai Bali, Kamis (30/11/2017).

Penerbangan dari Bandara Ahmad Yani Semarang ke Ngurah Rai Bali Sudah Dibuka
Aktivitas penerbangan Bandara Ahmad Yani Semarang sudah nampak normal. Selasa (18/2/2014).

Laporan Wartawan Tribun Jateng Rahdyan Trijoko Pamungkas
TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG-PT Angkasa Pura I telah membuka kembali rute penerbangan dari Bandara Ahmad Yani Semarang menuju Bandara Ngurah Rai Bali, Kamis (30/11/2017).

Sebelumnya PT Angkasa Pura I menutup rute penerbangan dari Semarang menuju Bali karena adanya Notice To Airmen (Notam) penutupan Bandara Ngurah Rai yang disebabkan letusan Gunung Agung.

Penutupan dilakukan sejak hari Senin (27/11).

Manager Operasional PT Angkasa Pura I, Agus Sina mengatakan penutupan rute penerbangan adanya pengecekan berupa pengamatan, monitoring dari BPMBG dan uji visual dari Bandara Depansar serta Lombok.

"Waktu itu ada erupsi namun tidak di close (tutup). Namun beberapa hari setelah erupsi berdampak ke Bandara kami menuju Denpasar," tuturnya.

Agus menerangkan rute penerbangan Semarang- Bali dibuka sejak Rabu (29/11) pukul 14.28 dengan merivisi Notam terbaru Bandara Ngurah Rai dengan menormalkan kembali operasional Bandara.

"Dampak yang kami rasakan di Bandara Ahmad Yani yaitu cancel flight (pembatalan penerbangan). Ada dua maskapai penerbangan yaitu Garuda dan Wing Air," tuturnya.

Selama ditutup, lanjutnya, tidak berdampak besar di Bandara Ahmad Yani. Hal ini dikarenakan pihaknya telah mengamati erupsi dari Gunung Agung.

"Menurut saya para penumpang telah memahami jika terjadi cancel Flight maupun delay (penundaan)," jelasnya

Dikatakannya saat diberlakukan Notam Close sejumlah pihak baik pengelola bandara maupun Badan Usaha Angkutan Udara dengan menindak lanjuti dengan melayani penumpang yaitu dalam refund (pengembalian) atau reschedule (penjadwalan ulang).

"Hal ini telah ditangani dengan baik sehingga tidak terjadi hal-hal yang diinginkan di Bandara," terangnya.

Ia mengatakan rute penerbangan Semarang-Bali telah beroperasi normal sejak hari ini Kamis (30/11). Namun saat ini satu maskapai penerbangan yaitu Wing Air masih membatalkan penerbangan karena kendala teknik.

"Wing air masih menunggu alat dan teknisi. Sedangkan Garuda sudah terbang sejak pukul 14.15," ucapnya.(*)

Penulis: rahdyan trijoko pamungkas
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help