TribunJateng/

Seluruh Pos Pendakian Gunung Prau Ditutup Karena Cuaca Buruk

Seluruh jalur pendakian gunung Prau Dieng ditutup sementara mulai Jumat (1/12/2017) kemarin, hingga batas waktu yang belum ditentukan

Seluruh Pos Pendakian Gunung Prau Ditutup Karena Cuaca Buruk
net
Gunung Prau 

Laporan Wartawan Tribun Jateng Khoirul Muzakki

TRIBUNJATENG.COM, WONOSOBO - Seluruh jalur pendakian gunung Prau Dieng ditutup sementara mulai Jumat (1/12/2017) kemarin, hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Pengelola basecamp gunung Prau di Patakbanteng Kejajar Wonosobo Misyadi mengatakan, penutupan jalur pendakian ini karena pengaruh cuaca buruk yang memicu hujan lebat dan angin kencang.

Penutupan bukan hanya berlaku di basecamp Patakbanteng, namun seluruh pos pendakian, termasuk basecamp Kalilembu, Dieng Wetan, dan Dieng Kulon.

Kondisi cuaca buruk itu tentu bisa membahayakan keselamatan para pendaki. Sehingga pihaknya memilih menutup sementara jalur pendakian sampai cuaca membaik.

"Jalur pendakian via basecamp manapun memutuskan menutup pos pendakian hingga batas waktu belum ditentukan tergantung cuaca,"katanya, Sabtu (2/12).

Penutupan ini bertepatan dengan libur panjang akhir pekan yang jadi momentum favorit bagi para pendaki untuk menaiki gunung.

Misyadi mengaku pihaknya tak masalah harus kehilangan potensi penghasilan itu demi menjamin keselamatan para pendaki.

Misyadi megungkapkan, beberapa hari terakhir ini, angin kencang mulai dirasakan warga di seputaran gunung Prau.

Akhirnya pihaknya memutuskan menutup pos pendakian mulai Jumat (1/12). Cuaca buruk yang ditandai hujan lebat dan angin kencang, menurut dia, bisa berakibat fatal bagi para pendaki karena mereka bisa mengalami hipotermia atau risiko buruk lainnya.

Pihaknya pun meminta maaf kepada para pendaki yang merasa kecewa terkait penutupan itu secara mendadak.

Jika ada pendaki yang bersikukuh ingin camp di gunung, pihaknya menyarankan agar mereka beralih lokasi ke bukit Sikunir.

"Kami mohon maaf, namun ini semua untuk keselamatan dan kebaikan bersama," katanya.

(*)

Penulis: khoirul muzaki
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help