TribunJateng/

24 Santri Jateng dan DIY Ikuti Pelatihan Mekanik Sepeda Motor

Sebanyak 24 santri mengikuti pelatihan mekanik sepeda motor untuk santri Jateng dan DIY

24 Santri Jateng dan DIY Ikuti Pelatihan Mekanik Sepeda Motor
ISTIMEWA
PP Rabithah Ma'ahid Islamiyyah (PP RMI) Nahdlatul Ulama bekerjasama dengan Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) bersama santri peserta pelatihan, pendampingan, dan magang mekanik di kantor Astra Motor Center Semarang, Selasa (6/12/2017) 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Nur Huda
TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG- Pengurus Pusat Rabithah Ma'ahid Islamiyyah (PP RMI) Nahdlatul Ulama bekerjasama dengan Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) mengadakan pelatihan, pendampingan, dan magang mekanik sepeda motor untuk santri Jateng dan DIY.

Sebanyak 24 santri mengikuti pelatihan selama kurang lebih empat bulan ke depan.

Pelatihan dilakukan dengan cara pemberian materi dalam kelas dan praktik langsung.

Saat pembukaan pelatihan bertempat di kantor Astra Motor Center Semarang, Selasa (6/12/2017), perwakilan PP RMI Khoironi mengatakan, bahwa pelatihan kali ini bisa menjadi ilmu baru bagi santri. Utamanya di pesantren salaf, ini hal baru yang harus ditekuni agar santri memiliki bekal.

Ke depan, pelatihan ini harus ditingkatkan tak hanya pada saat pelatihan saja, namun juga perlu adanya pendampingan untuk membuka bengkel di pesantren dengan supervisi dari Astra.

Tim pelaksana dari PW RMI NU Jateng Abu Choir mengatakan, pelatihan ini memberikan pengetahuan pada santri agar memiliki keterampilan mekanik kendaraan bermotor. Sebab kebutuhan akan sepeda motor di pesantren tak kalah pentingnya dengan alat transportasi lain.

"Dengan adanya kemampuan baru ini, pesantren memiliki tenaga ahli yang paham sepeda motor. YDBA sudah 37 tahun mendampingi masyarakat untuk berkontribusi," katanya, Rabu (6/12/2017).

Wakil Ketua Yayasan Astra Honda Motor (YAHM), Ahmad Muhibbudin mengatakan, perlu adanya transfer pengetahuan (knowledge) pada masyarakat luas, termasuk santri. Sehingga mereka memiliki bekal keterampilan agar memberikan manfaat untuk masyarakat sekitarnya.

Selama ini, pelatihan serupa sudah sering digelar. Banyak dari para peserta menjadi wirausahawan dengan membuka bengkel sendiri atau bekerja di jaringan perusahaan Astra.(*)

Penulis: m nur huda
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help