TribunJateng/

Antisipasi Proyek Molor, DPRD Jateng Desak Pemprov Lakukan Lelang Proyek Lebih Awal

Kepala DPU Bina Marga dan Cipta Karya Jateng Bambang Nugroho berkomitmen untuk melakukan lelang proyek lebih awal.

Antisipasi Proyek Molor, DPRD Jateng Desak Pemprov Lakukan Lelang Proyek Lebih Awal
tribunjateng/dok
FOTO Gubernur Ganjar tinjau rumah tak layak huni untuk direnovasi. Pemprov Jateng akan bangunkan rumah untuk warga miskin di lahan kas desa yang nganggur. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Nur Huda

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Agar proyek pembangunan infrastruktur di Jateng bisa berjalan maksimal, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jateng, mendesak pada Pemerintah Provinsi Jateng untuk melakukan lelang proyek lebih awal.

Hal tersebut supaya pengerjaan proyek tidak menumpuk di akhir tahun.

"Saya sudah minta pada eksekutif, akhir Januari 2018 harus sudah ada pemenang proyek. Dan minggu depan sudah ada pembukaan lelang. Ini agar bisa lebih cepat," kata Ketua Komisi D DPRD Jateng, Alwin Basri, Kamis (7/12/2017).

Menurutnya, jika pengumuman pemenang lelang bisa dilakukan awal tahun maka akan bisa lebih cepat dikerjakan proyeknya. Sedangkan untuk pengawasan, legislatif juga memiliki waktu yang longgar untuk mengecek satu persatu setiap proyek yang ada.

"Ini supaya proyek yang dihasilkan benar-benar berkualkitas," katanya.

Baca: Anggota DPR RI Ini Berjanji Upayakan Bangun Tanggul Laut untuk Mengatasi Banjir Rob di Demak

Di sisi lain, Alwin juga mengungkapkan, tahun 2018 mendatang, DPRD Jateng telah menyetujui pengurangan anggaran infrastruktur yang diajukan oleh pemprov. Akan tetapi, pengurangan anggaran tersebut diharap tetap mempertahankan kualitas pembangunan maupun perawatan.

Ia menyebutkan, pada tahun 2014 untuk pembangunan infrastruktur jalan dialokasikan sebesar Rp 500 miliar, tahun 2015 sebesar Rp 800 miliar, tahun 2016 sebesar Rp 1,2 triliyun, tahun 2017 sebesar Rp 2,1 triliyun, dan tahun 2018 dialokasikan Rp 800 miliar.

"Kualitas harus tetap sama, jangan sampai menurunkan kualitas," katanya.

Halaman
12
Penulis: m nur huda
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help