TribunJateng/

Bermaksud Ikuti Seleksi Perangkat Desa, SKM Malah Ditangkap Polisi

Alih-alih bisa mengikuti seleksi, nasibnya berbalik tragis karena harus menghadapi ancaman hukuman penjara

Bermaksud Ikuti Seleksi Perangkat Desa, SKM Malah Ditangkap Polisi
Tribun Jateng/Khoirul Muzaki
Polres Cilacap ungkap kasus pemalsuan dokumen dalam seleksi perangkat desa Ayam Alas Kroya 

Laporan Wartawan Tribun Jateng Khoirul Muzakki

TRIBUNJATENG.COM, CILACAP - Peredaran ijasah palsu mengiringi proses seleksi calon perangkat desa di desa Ayam Alas, Kroya Cilacap. Impian SKM, warga desa Ayam Alas, satu di antara pendaftar perangkat desa Ayam Alas pupus.

Alih-alih bisa mengikuti seleksi, nasibnya berbalik tragis karena harus menghadapi ancaman hukuman penjara. SKM dilaporkan ke Polsek Kroya karena memalsukan dokumen syarat pendaftaran perangkat desa berupa ijasah.

Ia bersama tiga temannya yang lain ditangkap Polres Cilacap karena tuduhan pemalsuan dokumen.

Mula kasus itu terungkap berawal dari proses penelitian berkas, pada 17 November 2017 di Balai Desa Ayam Alas oleh panitia seleksi.

Panitia meragukan legalitas Ijasah Paket C milik Sarkam lantaran nomor seri ijasah dengan daftar nilai tidak sesuai. Panitia lalu mengembalikan berkas itu kepada Sarkam agar dilengkapi atau dibenarkan.

"Tetapi berkas tidak dikembalikan lagi ke panitia.Kemudian panitia memberikan informasi itu kepada Kapolsek Kroya lalu dilakukan penyelidikan," kata Kapolres Cilacap AKBP Djoko Julianto saat press realese kasus di Mapolres Cilacap, Kamis (7/12).

SKM diketahui tidak memiliki ijasah setingkat SMA yang menjadi satu di antara syarat pendafataran seleksi perangkat desa.

Ia lantas meminta tolong ADN untuk mencarikan ijasah dengan menyerahkan syarat pas foto 3x4 dan ijasah SMP.

ADN kemudian meminta bantuan AMD, lalu dipasrahkan ke Al. Berbekal laptop dan printer, Al berhasil mencetak ijasah abal-abal itu dengan cara men-scan ijasah Kejar Paket C menggunakan kertas buffalo. Sementara logo halogen didapat dari TSM dengan model tempel lem.

Halaman
12
Penulis: khoirul muzaki
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help