TribunJateng/

Dukungan Bakal Calon Perseorangan di Kudus Melebihi Batas Minimal

Berkas dukungan pasangan calon bupati dan wakil bupati Kudus dari jalur perseorangan melebihi batas minimal.

Dukungan Bakal Calon Perseorangan di Kudus Melebihi Batas Minimal
TRIBUN JATENG/RIFQI GOZALI
Berkas dukungan pasangan calon bupati dan wakil bupati Kudus dari jalur perseorangan melebihi batas minimal. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Rifqi Gozali

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS – Berkas dukungan pasangan calon bupati dan wakil bupati Kudus dari jalur perseorangan melebihi batas minimal.

Hal itu berdasarkan hasil verifikasi administrasi yang telah dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kudus. Adapun hasil dari verifikasi tersebut telah disampaikan kepada masing-masing pasangan bakal calon pada Kamis (7/12/2017).

Moh Khanafi, Ketua KPU Kudus mengatakan, hasil verifikasi yang pihaknya lakukan berdasarkan berkas dukungan yang dikumpulkan oleh masing-masing pasangan calon. Adapun ketentuan dukungan dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS), kata Khanafi, di antaranya jika domisili pendukung yang dibuktikan dengan surat pernyataan tidak sesuai dengan domisili yang ada di e-KTP.

Selain itu, alasan pihaknya akan memberikan predikan TMS kepada pendukung masing-masing pasangan bakal calon ketika belum menginjak usia 17 tahun per tanggal 27 Juni 2018.

“Tapi untuk dua pasangan bakal calon dipastikan telah memenuhi batas minimal dukungan dari jalur perseorangan,” kata Khanafi.

Bagi pendukung yang masuk dalam kategotri memenuhi syarat (MS), lanjut Khanafi, pihaknya akan menindaklanjutinya dengan melakukan verifikasi faktual. Verifikasi faktual tersebut akan dilakukan mulai tanggal 12 sampai 25 Desember 2017.

“Hasil dari verifikasi faktual nanti jika pendukung tidak memenuhi batas minimal dukungan, maka harus memeperbaikinya dengan engganti berkas dukungan yang TMS dua kali lipat,” kata Khanafi.

Adapun, batas minimal dukungan calon perseorangan di Kabupaten Kudus sejumlah 45.323 dukungan. Hal itu dibuktikan dengan salinan e-KTP atau surat keterangan dan surat pernyataan dukungan.

Diketahui, dari hasil verifikasi administrasi yang dilakukan oleh KPU terhitung ada 112 dukungan dari pasangan Akhwan – Hadi Sucipto dinyatakan TMS. Sedangkan, pasangan ini mengumpulkan dukungan sebanyak 68.454.

“Hasil dari verifikasi administrasi yang dilakukan oleh KPU, batas dukungan pasangan yang kami dukung masih berada di atas batas minimal. Yakni sebanyak 68.342 dukungan,” kata Didik Hadi Saputro, tim sukses pasangan Akhwan – Hadi Sucipto.

Sedangkan untuk pasangan Noor Hartoyo – Junaidi yang saat penerimaan hasil verifikasi diwakilkan kepada Abdul Muchid, tim sukses pasangan tersebut.

Dari hasil verifikasi yang dilakukan oleh KPU, terdapat 5520 dukungan yang masuk dalam kategori TMS. Sementara untuk dukungan yang dinyatakan MS ada 45.999. sebelumnya pasangan ini mengumpulkan berkas dukungan sebanyak 51519 dukungan.

“Yang pasti apa yang telah dikatakan oleh Ketua KPU kalau berkasnya di atas batas minimal kami sudah sangat bersyukur,” kata Muchid.

Penulis: Rifqi Gozali
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help