TribunJateng/

Mahfud MD Sampaikan Hal Ini saat Jadi Pembicara di Kampus IAIN Salatiga

Berbicara selama kurang lebih 30 menit, pria berdarah Madura itu masih sama dalam menyatakan sikapnya, bahwa ideologi NKRI sudah final.

Mahfud MD Sampaikan Hal Ini saat Jadi Pembicara di Kampus IAIN Salatiga
TRIBUN JATENG/PONCO WIYONO
Mahfud MD seusai menjadi pembicara di Aula Amal Jariyah Bakoami Kampus IAIN Salatiga, Kamis (7/12/2017). 

Laporan wartawan Tribun Jateng, Ponco Wiyono

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Kehadiran Mahfud MD di IAIN Salatiga disambut meriah oleh para mahasiswa dan elemen masyarakat lain.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi periode 2008-2013 itu hadir, dalam rangka menjadi pembicara di acara "Tantangan NKRI di Tengah Penetrasi Ideologi Transnasional" yang diadakan Fakultas Syariah, di Aula Amal Jariyah Bakoami pada Kamis (7/12/2017).

Berbicara selama kurang lebih 30 menit, pria berdarah Madura itu masih sama dalam menyatakan sikapnya, bahwa ideologi NKRI sudah final.

"Pancasila itu merupakan ideologi yang bersumber pada budaya bangsa dan Indonesia masih membutuhkan ideologi ini," tegasnya.

Baca: Kecelakaan Karambol Terjadi Lagi di Jalan Ungaran-Bawen, Satu Orang Meninggal Dunia

Menyaksikan secara langsung Mahfud berbicara, seorang mahasiswa bernama Nurul Khotimah (20) mengaku ia senang.

Mahasiswi fakultas syariah itu berkata sudah lama ia mengagumi gagasan Mahfud terkait ideologi bangsa.

"Kita butuh sosok seperti beliau yang memahami betul apa yang diperlukan bangsa ini, selain itu beliau juga religius dan tegas, tidak mudah dirongrong oleh kepentingan tertentu," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Mahfud juga menyatakan ia siap berdiskusi panjang bagi pihak-pihak yang menyatakan ideologi lain bisa menggantikan Pancasila.

"Pancasila dan agama bisa bertemu, caranya dengan mempertemukan kesamaan, kesatuan dalam berketuhanan, dan alhanifiyyah al samhah atau lurus namun toleran," paparnya.

Hadir sebagai pembicara selain Mahfud, yakni Guru Besar Fakultas Syariah IAIN Salatiga Prof DR M Zuhri, dan Rektor UIN Sunan Kalijaga DI Yogyakarta, Prof Drs Yudian Wahyudi.(*)

Penulis: ponco wiyono
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help