TribunJateng/

Pemprov Jateng Akan Kucurkan Rp 50 Juta Per Desa di 2018

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah di tahun 2018 mendatang, akan mengucurkan bantuan langsung ke tiap desa se Jateng senilai Rp 50 juta.

Pemprov Jateng Akan Kucurkan Rp 50 Juta Per Desa di 2018
tribunjateng/dok
uang rupiah 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Nur Huda
TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah di tahun 2018 mendatang, akan mengucurkan bantuan langsung ke tiap desa se Jateng senilai Rp 50 juta.

Dana tersebut diharapkan dapat dimanfaatkan untuk pemberdayaan masyarakat desa dan dapat menurunkan angka kemiskinan.

Kepala Sub Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Bappeda dan Litbang Provinsi Jateng, Arief Budianto mengatakan, dana sebesar Rp 50 juta perdesa di tahun 2018 untuk 7.809 desa se Jateng ini, meningkat dari alokasi tahun 2017 sebesar Rp 30 juta perdesa.

Bantuan dari provinsi ke desa ini, lanjutnya, bukan termasuk bantuan sosial (bansos) yang berasal dari pengajuan masyarakat seperti yang dialokasikan di tahun 2017.

"Ini sifatnya dana stimulant, dananya nanti ditransfer langsung ke rekening pemerintah desa," kata Arief saat hadir dalam Focus Group Discussion (FGD) tentang pemetaan penanganan kemiskinan di Jateng yang digelar di ruang Ketua DPRD Jateng, Selasa (12/12/2017).

Ia menjelaskan, dana sejumlah Rp 50 juta tersebut adalah program ketahanan masyarakat.

Penggunaannya, Rp 30 juta harus dimanfaatkan untuk memperbaiki Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), sisanya yakni Rp 20 juta dipergunakan untuk kebutuhan pemberdayaan masyarakat lainnya.

"Dari provinsi juga mengalokasikan anggaran juga untuk biaya honor para Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD)," ujarnya.

Arif mengungkapkan, di Jateng masih banyak RTLH yang butuh perbaikan. Maka melalui dana ini diharap dapat mengurangi.

Di sisi lain, perbaikan RTLH juga akan didukung oleh pemerintah pusat, Pemkab, Baznas, dan pihak perbankan, serta TNI melalui program TMMD.

Halaman
12
Penulis: m nur huda
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help