TribunJateng/

Ibu Ini Ditangkap karena Bawa Anaknya ke Dokter 323 Kali untuk Menjalani 13 Operasi Besar

Seorang ibu ditangkap setelah membawa anaknya ke rumah sakit sebanyak 323 kali, dan membuat sang anak menjalani 13 operasi besar yang tak perlu.

Ibu Ini Ditangkap karena Bawa Anaknya ke Dokter 323 Kali untuk Menjalani 13 Operasi Besar
DALLAS COUNTY SHERIFF
Kini Kaylene Bowen ditahan dan dikenakan pasal perbuatan yang mengakibatkan cedera pada seorang anak. 

TRIBUNJATENG.COM - Seorang ibu di Texas, AS ditangkap setelah membawa anaknya ke rumah sakit sebanyak 323 kali, dan membuat sang anak menjalani 13 operasi besar yang tidak perlu..

Ibu itu, Kaylene Bowen, diduga mengidap Munchausen by Proxy (MSbP).

Hak pengasuhan atas anak yang sekarang berusia delapan tahun itu dicabut setelah rumah sakit Dallas melaporkannya kepada pihak berwenang.

Munchausen by proxy adalah sindrom yang membuat orang berulang kali membesar-besarkan masalah kesehatan untuk mendapat perhatian.

Kaylene Bowen, yang membantah tuduhan tersebut, dan berdalih bahwa anaknya memiliki kelainan genetik dan kanker langka serta membutuhkan transplantasi paru-paru.

Dalam kehidupannya yang masih begitu belia itu, anak laki-laki - yang tak bisa disebutkan namanya itu - dipasangi pemasok oksigen, diberi kursi roda dan tabung pemasok makanan, lapor media lokal.

Dalam sebuah affidavit, atau pernyataan pengadilan yang dikutip oleh Fort Worth Star-Telegram, disebutkan anak itu tiga kali menderita infeksi darah yang mengancam jiwa di tengah semua perawatan medis yang begitu invasif itu,

Tapi petugas medis kemudian menyimpulkan bahwa tidak ada masalah pada anak tersebut.

Ayah anak itu, Ryan Crawford, mengatakan kepada Star-Telegram bahwa dia sudah cukup lama mencurigai sang ibu.

"Dia selalu mengatakan bahwa anak itu sakit," katanya seperti dikutip surat kabar tersebut. "Setiap minggu, setiap bulan."

Crawford, yang hubungannya dengan Bowen mengalami pasang surut sebelum Bowen hamil, mengatakan kepada surat kabar itu bagaimana selama bertahun-tahun dia memperjuangkan hak asuh sambil membayar $600 (sekitar Rp8 juta) per bulan untuk biaya perawatan anak.

Menurutnya, Kaylene Bowen selalu tampil di pengadilan dengan isak tangis yang cerdik dan berkata kepada hakim: "Ayahnya tidak perlu dekat-dekat anak ini karena dia tidak tahu cara merawatnya."

Kini Kaylene Bowen ditahan di penjara Dallas County dan dikenakan pasal perbuatan yang mengakibatkan cedera pada seorang anak. (BBC Indonesia)

Editor: sujarwo
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help