TribunJateng/

Enam Rumah Terancam Longsor di Brebes, Semua Penghuni Dievakuasi

Enam rumah warga yang berada di bibir tebing Dukuh Tegalgede, Kabupaten Brebes terancam longsor.

Enam Rumah Terancam Longsor di Brebes, Semua Penghuni Dievakuasi
ISTIMEWA
Enam rumah warga yang berada di bibir tebing Dukuh Tegalgede, Desa Tembongraja, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes terancam longsor. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Mamdukh Adi Priyanto

TRIBUNJATENG.COM, BREBES- Enam rumah warga yang berada di bibir tebing Dukuh Tegalgede, Desa Tembongraja, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes terancam longsor.

Pasalnya, tebing pengaman tersebut sudah longsor pada Sabtu (16/12/2017) petang sekitar pukul 18.00 WIB.

Panjang longsoran tebing itu mencapai 200 meter dengan ketinggian 30 meter.

Titik longsoran sudah mencapai beberapa meter dari rumah warga. Dikhawatirkan, jika terjadi hujan deras, tanah tergerus dan rumah ikut terbawa longsoran.

"Longsoran akibat hujan deras disertai angin kencang yang mengguyur wilayah Salem dan sekitarnya. Tembok pengaman tebing di desa tersebut longsor akibat tergerus derasnya air hujan," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Brebes, Eko Andalas, Senin (18/12/2017).

Ia menjelaskan, penghuni rumah yang terancam longsor sudah dievakuasi. Eko mengimbau agar rumah dikosongkan.

"Penghuni rumah sudah dipindahkan ke rumah saudara mereka yang lebih aman. Begitu juga dengan barang- barang milik mereka yang sudah dipindahkan dari dalam rumah," jelas Andalas.

Enam rumah warga yang terancam terkena longsor itu antara lain milik Maksum, Iyep, Waluyo, Munasir, Kusmanto, Sodikin, yang merupakan warga Tegalgede Desa Tembongraja.

Menurut Eko, tidak semuanya rumah berada di bibir longsoran tebing, hanya dua rumah. Namun, untuk mengantisipasi kejadian yang tidak didinginkan penghuni rumah yang posisinya berada dalam jarak bahaya juga ikut dievakuasi.

Untuk penanganan longsor, pihaknya dan pemerintah desa akan melakukan kerja bakti memasang karung berisi pasir berfungsi sebagai penahan atau sabuk pengaman tebing.

"Dinding pengaman darurat akan dilakukan menggunakan 1000 karung pasir yang dipasang dengan dijepit menggunakan sejumlah bilah bambu. Itu berfungsi agar longsoran tidak semakin parah," imbuhnya.

Penulis: mamdukh adi priyanto
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help