Jalan Pemuda dan Simpang Lima akan Ditutup, Ini Rekayasa Lalu Lintas saat Malam Tahun Baru  

Ruas jalan yang ditutup yaitu Jalan Pemuda seiring diadakannya perayaan malam pergantian tahun yang dipusatkan di Halaman Balaikota Semarang

Jalan Pemuda dan Simpang Lima akan Ditutup, Ini Rekayasa Lalu Lintas saat Malam Tahun Baru   
tribunjateng/hermawan handaka
PADAT - Libur panjang Natal dan Tahun Baru 2018 membuat Jalan Pemuda Kota Semarang dipadati kendaraan, Rabu (27/12). (Tribun Jateng/ Hermawan Handaka) 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Zainal Arifin

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang bersama forum lalu lintas Kota Semarang akan melakukan penutupan beberapa ruas jalan protokol di Kota Semarang pada malam tahun baru atau Minggu (31/12/2017) malam. Selain itu, Dishub juga akan memberlakukan rekayasa lalu lintas.

Ruas jalan yang ditutup yaitu Jalan Pemuda seiring diadakannya perayaan malam pergantian tahun yang dipusatkan di Halaman Balaikota Semarang. Selain itu, kawasan Simpang Lima yang selalu menjadi pusat konsentrasi warga juga akan ditutup.

Kepala Dishub Kota Semarang, M Khadik mengatakan, penutupan jalan dan rekayasa lalu lintas yang dilakukan dimaksudkan untuk memberikan keamanan, kenyamanan dan keselamatan bagi warga yang ikut euforia perayaan malam tahun baru di Kota Semarang.

"Ini dimaksudkan agar warga yang merayakan pergantian tahun betul-betul terjamin keamanan, kenyaman dan keselataman. Di samping itu agar lalu lintas saat malam tahun baru terjamin lancar," kata Khadik, Kamis (28/12/2017).

Khadik menjelaskan, secara umum pihaknya bersama forum lalu lintas Kota Semarang memfokuskan konsentrasi pengamanan dan keramaian lalu lintas di lima titik yang selalu menjadi tempat warga menghabiskan waktu malam tahun baru. Yaitu keramaian di Taman Tabanas Gombel, Kawasan Simpanglima, Balaikota Jalan Pemuda, Bundaran Tugumuda dan di Partai Marina.

"Kelima titik itu yang menjadi fokus utama kami dalam pengamanan dan kelancaran lalu lintas pada malam tahun baru disamping titik keramaian lain di Kota Semarang," ucapnya.

Ia menjelaskan, perayaan tahun baru yang dipusatkan di halaman Balaikota mengharuskan jalan Pemuda dari depan Mal Paragon sampai ke bundaran Tugumuda ditutup. Selanjutnyam, agar lalu lintas tetap berjalan normal maka dilakukan rekayasa lalu lintas.

Rekayasa tersebut yakni kendaraan dari arah utara meliputi Jalan Pemuda, Jalan Tanjung dan Jalan Depok, yang akan menuju ke bundaran Tugumuda, dialihkan ke arah Jalan Pierre Tendean. Jalan tersebut yang sebelumnya satu arah dari barat ke timur, akan dibalik menjadi dari timur ke barat.

"Setelah dari Jalan Pierre Tendean sampai perempatan Jalan Imam Bonjol Indraprasta. Selanjutnya, Jalan Imam Bonjol yang mengarah ke Tugumuda kami buat dua arah dan Jalan Indraprasta juga dua arah, dari sebelumnya hanya searah," jelasnya.

Halaman
12
Penulis: m zaenal arifin
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help