TribunJateng/

Kata Dokter, Bayi Prematur Beresiko Terkena Diabetes

Selain bayi yang dilahirkan dari penderita diabetes, ternyata bayi prematur juga beresiko terkena diabetes di masa depannya

Kata Dokter, Bayi Prematur Beresiko Terkena Diabetes
metro.co.uk
Bayi prematur Pixie Griffiths-Grant 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Wilujeng Puspita Dewi

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG- Diabetes bukanlah penyakit yang hanya mengancam pada usia di atas 40 tahun saja. 

Selain bayi yang dilahirkan dari penderita diabetes, ternyata bayi prematur juga beresiko terkena diabetes di masa depannya. 

Dokter Nur Anna C Sadyah  SpPD FINASIM menuturkan bahwa pada bayi prematur,  sistem kontrol  pankreas bisa mengalami perubahan.

"Pada bayi prematur,  organ-organ penting belum terbentuk dengan baik.  Salah satunya adalah pankreas yang berfungsi untuk mengontrol insulin atau kadar gula darah," tutur Dokter Anna saat ditemui Tribunjateng.com pada Kamis (28/12/2017) di RS Hermina Banyumanik,   Jalan Jenderal Pol Anton Sujarwo Nomor 195, Banyumanik, Semarang,  Jawa Tengah.

dr Nur Anna C Sadyah SpPD FINASIM saat ditemui Tribunjateng.com pada (28/12/2017) di RS Hermina Banyumanik,  Jalan Jenderal Pol Anton Sujarwo Nomor 195, Banyumanik, Semarang,  Jawa Tengah
dr Nur Anna C Sadyah SpPD FINASIM saat ditemui Tribunjateng.com pada (28/12/2017) di RS Hermina Banyumanik, Jalan Jenderal Pol Anton Sujarwo Nomor 195, Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah (TRIBUN JATENG/WILUJENG PUSPITA)

Bayi yang lahir prematur,  umumnya pankreasnya tidak bekerja dengan baik, sehingga mempengaruhi jumlah sel beta dalam pankreas.

"Sel beta membantu pankreas dalam sekresi hormon insulin untuk mengontrol kadar gula darah.  Jumlah sel beta ini tetap sejak lahir.  Bayi yang lahir prematur umumnya memiliki jumlah sel beta yang sedikit di pankreasnya, " tutur Dokter lulusan Universitas Gajah Mada (UGM)  tersebut. 

Penulis: Wilujeng Puspita Dewi
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help